PELATIHAN RIAS PANGGUNG DAN RIAS KARAKTER SERTA VIDEO DOKUMENTASI UNTUK EVALUASI KEGIATAN P5
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43464Keywords:
Rias Panggung dan Karakter, Video Dokumentasi, Kurikulum Merdeka, MGMP Seni Budaya, Tanah DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru-guru MGMP Seni Budaya di Kabupaten Tanah Datar dalam merias wajah panggung, karakter, dan pembuatan video dokumentasi seni. MGMP Seni Budaya merupakan komunitas guru mata pelajaran Seni Budaya. Pelatihan ini dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi siswa dalam merias wajah untuk pertunjukan seni, yang mengharuskan siswa mencari bantuan di salon kecantikan dengan biaya tambahan. Metode pelaksanaannya meliputi ceramah dan tanya jawab, refleksi dan praktik, serta bimbingan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan guru dalam merias dan dokumentasi video, yang ditunjukkan oleh keterlibatan, antusiasme, dan kreativitas peserta. Evaluasi efektivitas pelatihan dilakukan melalui umpan balik dan analisis hasil dokumentasi video. Dengan adanya pelatihan ini, guru diharapkan dapat membantu mengurangi biaya siswa dalam kegiatan seni dan mendukung pengembangan keterampilan dalam menghadapi P5 Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merias dan membuat dokumentasi video, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.References
Asnawi, N. R., & Syamsi, R. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Pai Melalui Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelejaran (Mgmp) Pada Smp Di Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur. Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 75–86.
Lusiana, M., & Arini, G. (2020). Pkm Peningkatan Keterampilan Rias Penari Dan Rias Pengantin Bagi Remaja Putri Dan Ibu Rumah Tangga Dalam Pengembangan Ekonomi Berbasis Ekonomi Pariwisata Di Nagari Sungai Tanang Kabupaten Agam. Journal Of Community Service, 2(2), 170–176.
Lusiana, M., Efi, A., & Giatman, G. (2021). An Identification Of Student Creativity In Stage Makeup Courses. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 12(02), 94–100.
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat Dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.
Najri, P. (2020). Mgmp Dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 130–144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mitra Lusiana, Vici Syahril Chairani, Rizkayeni Marta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










