PELATIHAN RIAS PANGGUNG DAN RIAS KARAKTER SERTA VIDEO DOKUMENTASI UNTUK EVALUASI KEGIATAN P5

Authors

  • Mitra Lusiana Universitas Negeri Padang
  • Vici Syahril Chairani Universitas Negeri Padang
  • Rizkayeni Marta Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43464

Keywords:

Rias Panggung dan Karakter, Video Dokumentasi, Kurikulum Merdeka, MGMP Seni Budaya, Tanah Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru-guru MGMP Seni Budaya di Kabupaten Tanah Datar dalam merias wajah panggung, karakter, dan pembuatan video dokumentasi seni. MGMP Seni Budaya merupakan komunitas guru mata pelajaran Seni Budaya. Pelatihan ini dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi siswa dalam merias wajah untuk pertunjukan seni, yang mengharuskan siswa mencari bantuan di salon kecantikan dengan biaya tambahan. Metode pelaksanaannya meliputi ceramah dan tanya jawab, refleksi dan praktik, serta bimbingan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan guru dalam merias dan dokumentasi video, yang ditunjukkan oleh keterlibatan, antusiasme, dan kreativitas peserta. Evaluasi efektivitas pelatihan dilakukan melalui umpan balik dan analisis hasil dokumentasi video. Dengan adanya pelatihan ini, guru diharapkan dapat membantu mengurangi biaya siswa dalam kegiatan seni dan mendukung pengembangan keterampilan dalam menghadapi P5 Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merias dan membuat dokumentasi video, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

References

Asnawi, N. R., & Syamsi, R. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Pai Melalui Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelejaran (Mgmp) Pada Smp Di Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur. Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 75–86.

Lusiana, M., & Arini, G. (2020). Pkm Peningkatan Keterampilan Rias Penari Dan Rias Pengantin Bagi Remaja Putri Dan Ibu Rumah Tangga Dalam Pengembangan Ekonomi Berbasis Ekonomi Pariwisata Di Nagari Sungai Tanang Kabupaten Agam. Journal Of Community Service, 2(2), 170–176.

Lusiana, M., Efi, A., & Giatman, G. (2021). An Identification Of Student Creativity In Stage Makeup Courses. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 12(02), 94–100.

Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat Dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.

Najri, P. (2020). Mgmp Dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 130–144.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Lusiana, M., Chairani, V. S., & Marta, R. (2025). PELATIHAN RIAS PANGGUNG DAN RIAS KARAKTER SERTA VIDEO DOKUMENTASI UNTUK EVALUASI KEGIATAN P5 . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2320–2324. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43464

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.