PENGARUH HARGA DAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA FOTOGRAFI CAPTURE CREATIVE MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42805Keywords:
Harga, Content Marketing, Minat BeliAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan content marketing terhadap minat beli konsumen pada Fotografi Capture Creative Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan jasa Fotografi Capture Creative Makassar. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yang telah melakukan transaksi di Fotografi Capture Creative Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan sekunder. Instrumen penelitian menggunakan skala likert sebagai metode pengukuran. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 26, ditemukan bahwa harga dan content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa strategi penetapan harga yang kompetitif serta penerapan content marketing yang efektif dapat meningkatkan minat beli konsumen. Dengan demikian, pengelolaan harga yang sesuai dan optimalisasi pemasaran konten dapat menjadi strategi penting dalam meningkatkan daya saing bisnis serta loyalitas pelanggan terhadap Fotografi Capture Creative Makassar.References
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111
Angkasa, N., Marpaung, F. K., Sihombing, Y. R., Meliza, J., Holando, A., Evani, S., & Wijaya, K. (2024). Influencer price and content marketing influencer on skintific consumer buying interest. 7, 8703–8712.
Asbahar, A., Mappatompo, A., & Romadhoni, B. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Beli Di Tokopedia. Jurnal Mirai Management, 8(3), 336–345.
Ayuni, D. S. (2024). Pengaruh Content Marketing, Harga Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Craft Pada Shopee Nikisae Group.3,481–491. https://repository.unpkediri.ac.id/15672/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/15672/10/RAMA_61201_2012010094_0712026201_0730127403_01_front_ref.pdf
Azizah. (2021). Model terbaik uji multikolinearitas untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi di Kabupaten Blora tahun 2020. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 61–69. https://schola r.google.com/scholar? as_ylo=2021&q=uji+autokorelasi+adalah&hl=id&as_sdt=0,5
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21–27. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3
Indahlya, A., Bachri, S., Sutomo, M., & Dwiwijaya, K. A. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, ContentMarketing, Dan Electronic Word of Mouth TerhadapKeputusan Pembelian Di Tiktok Shop(Studi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako). Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen (JREM), 15(4), 1–19. https://jurnalhost.com/index.php/jrem/article/view/868/1077
Isti Pujihastuti. (2010). Isti Pujihastuti Abstract. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian, 2(1), 43–56.
Jhuji, Wawan, W., Eneng, M., & Nana, S. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi PendidikanNusantara,1(2),113. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3733
Kamanda, S. V. (2023). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Cimory Pada Sinar Mart. Jurnal Al-Amal, 2(1), 1–7.
Luthfiyah, M. F. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas Dan Studi Kasus. November, 26.
Mahajan, V., & Mahajan, S. (2022). Problem Solving of Digital Marketing with Design Thinking Model. Ushus-Journal of Business Management, 2022(3), 25–33. https://doi.org/10.12725/ujbm.60.2
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480
Mardiomoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
P, R. H. U., & Semarang, U. P. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli Lisa Nur Fitriana , Universitas PGRI Semarang , Semarang , Indonesia Rita Meiriyanti , S . E , M . M , Universitas PGRI Semarang , Semarang , Indonesia Abstrak Maraknya yang mengakses aplikasai e-commerc. 3(1), 28–36.
Putri Adilla, & Christiawan Hendratmoko. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pemeblian Barang Thrift Melalui Instagram Di Solo Raya. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan(SNPK), 2,455–466. https://doi.org/10.36441 /snpk .vol2.2023.152
Rachmad Edhie Yoesoep, Sudiarti Sri, Turi Ode La, Fajariana Endah Dewi, Kisworo Yudo, Suryawan Firdiansyah Ryan, Tanadi Hendy, Kusnadi, Susilawati Eka, Yusran Rahmat Rio, Juminawati Sri, Sukrisni Andy, K. S. (2022).Manajemen Pemasaran. In Eureka Media Aksara. https: //repository.penerbiteureka.com/publications/558183/manajemen-pemasaran
Rahman, T. (2019). Pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening: Studi pada konsumen Caffe Go-Kopi di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Digital Content Marketing on the Social Media Instagram Account of Mojok.co in Maintaining Brand Engagement. Jurnal Biokultur, 9(2), 114–128.
Sariah, & Indra. (2024). Journal of Islamic Economics. Al-Azhar : Journal of Islamic Economics, 6(1), 14–30.
Suprayogo, Imam, & Tobroni. (2014). Metodelogi Penelitian Agama. Metodologi Penelitian, 102.
Syah, M. D., Ali, H., & Khan, M. A. (2024). Determinasi Minat Beli dan Keputusan Pembelian: Analisis Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi Flos Cibitung. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital (JMPD), 2(3), 273–285. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., Konstansius, D., & Belang, A. (2019). Statmat (Jurnal Statistika Dan Matematika) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda, 1(1), 103–117.
Yasman, A. &. (2022). 86-Article Text-3928-1-10-20231110 (1). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Di Jakarta, 11(2), 119–129.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muh Yasin Mulyadi, Buyung Romadhoni, Aulia Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.