SOSIALISASI PENTINGNYA KELAS IBU HAMIL DI DESA IE ALANG MESJID KABUPATEN ACEH BESAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.42331Keywords:
Sosialisasi, Kelas Ibu HamilAbstract
Bidan merupakan tenaga kesehatan yang sangat penting, karena kedudukannya sebagai ujung tombak dalam upaya peningkatan sumber daya manusia. Dikomunitas, bidan dituntut mampu memberikan pelayanan yang bersifat individual maupun kelompok. Masalah pada pelayananan antenatal adalah suatu program yang terencana berupa observasi, edukasi dan penanganan medik pada ibu hamil, untuk memperoleh suatu proses kehamilan dan persalinan yang aman dan memuaskan. kelas ibu hamil bentuk intervensi pada tahap awal siklus hidup manusia. Tujuan pengabdian untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil trimester III di Desa Ie Alang Mesjid Kabupaten Aceh Besar tahun 2024.References
Arikunto, Suharsimi. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Alinea Dwi Elisanti, Indonesdia Journal For Health Sciences (IJHS) Vol.1 No.1, Maret 2017, Kehamilan Di Indonesia.
Baroroh Ida, Jannah Miftahul & Meikawati, (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot. Kota Pekalongan. Siklus : Journal Research Midwifery Politehnik Tegal 6 (2). 212-217
Budiarto, Eko. 2012. Biostatistika untuk kedokteran dan kesehatan masyarakat. Jakarta: EGC
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pelaksanaan Kelas
Ibu Hamil. Jakarta: Dinas Kesehatan Provinsin Sumatera Utara; 2017.
.Kesehatan Republik Indonesia. Pegangan Fasilitator Kelas Ibu
Hamil. Jakarta: Kementrian Kesehatan Ri; 2017. 22. Induniasih, Ratna W. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2018.
Dinkes Aceh (2020). Profil Kesehatan Aceh. Dinas Kesehatan Aceh.
Erina Eka Hatini, 2018. Asuhan Kebidanan kehamilan. Edisi I Jakarta : Wineka Media
Fitriah Indah, Rahmawati, dkk. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapn. Journal Research Midwifery Politehnik Tegal 6 (2). 91-95.
Handayani & Margiyanti, (2021). Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Melalui Kelas Ibu Hamil. Journal Inovasi Dan Penfandian Masyarakat, 1 (2), 72-76.
Ida Sari & Afriani, 2021. Pengaruh Edukasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Kemampuan Dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan. Journal Inovasi Penelitian.
Lily Yulihaikhah, 2019. Buku Ajaran Asuhan Kebidanan Kehamilan. Journal Of Chemical Information.
Lucia Purwandari & Pesak (2015). Pengaruh Pelaksanaan Kelas iBu hamil Terhadap Pengetahuan Tentang Persiapan Persalinan. Jurnal Ilmiah Bidan.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pendekatan Keluarga Dengan
Kelas Ibu. 2019.
Notoatmodjo, Soekidjo (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Permana Es. Kegiatan Kelas Ibu Hamil Sps Nurul Huda [Internet]. 19
Oktober 2018. 2018. Available From:
Http://Pataruman.Sideka.Id/2018/10/19/Kegiatan-Kelas-Ibu-Hamil-Sps-
Nurulhuda.
Retnaningtyas, Surya & Kediri (2017). Pengaruh Pengetahuan Tentang Kelas Ibu Hamil Terhadap Prilaku Perawatan Kehamilan Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Nganjuk, Journal Edu Midwifery.
Walyani Es. Perawatan Kehamilan Dan Menyusui Anak Pertama Agar Bayi
Lahir Dan Tumbuh Sehat. Mona, Editor. Yogyakarta: Pustaka Baru Press;
2015. 32. Yuliani D, Musdalifah U, Suparmi. Buku Ajar Aplikasi Asuhan Kehamilan. Jakarta: Cv Trans Info Media; 2017.
Widiatiningsih, S dan Dewi, C.H.T. (2017). Praktik Terbaik Asuhan Kehamilan. Yogyakarta:
Trans Medika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Evi Kurniawati, Afriana Afriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.