SOSIALISASI KATARSIS EMOSI ANAK MELALUI METODE MEWARNAI DI SDN 17 TANJUNG BATU DESA TANJUNG ATAP

Authors

  • Rina Oktaviani Universitas Bina Darma
  • Ayu Laili Artanti Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42325

Keywords:

Katarsis, Sosialisasi, Sd 17 Tanjung atap

Abstract

Anak memerlukan perhatian lebih dalam pengontrolan emosinya agar emosi tetap stabil dan menghindari perilaku emosi-emosi yang tidak diinginkan. Emosi merupakan perasaan yang dirasakan oleh anak dan merupakan bentuk komunikasi yang berguna untuk menyatakan kebutuhan dan perasaanya kepada orang lain. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi. Hasil pengabdian Masyarakat menunjukkan hasil yang positif dalam membantu mereka mengenali, memahami dan mengekspresikan emosi mereka Melalui metode pembelajaran melalui gambar dan mawarnai ini anak-anak lebih mudah dan menyenangkan dalam meluapkan emosi yang sedang mereka rasakan. Selain itu, kegiatan ini juga membuat siswa/i menjadi lebih berani dalam mengungkapkan pengalaman mereka terkait pengelolaan emosi, dan tidak takut untuk mengekspresikannya dalam kehidupan sehari-hari

References

Afriani, D. 2018. Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motifasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran FAI Kelas VIIIB SMPN 7 Tapung (Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam : Riau).

Dedi, A. (2018). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi e-Warung Sebagai Bantuan Pangan Non Tunai Pada Masyarakat Oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru (Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim : Riau).

Desi Priswanti1, B. B. (2022). pengertian pendidikan. jurnal pendidikan dan konseling, 7911.

Ismail, S. (2019). PENTINGNYA SOSIALISASI BAGI ANAK. jurnal UINSU, 28.

Mahmud1, A. F. (2021). STRATEGI PENGENDALIAN EMOSI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR UNTUK MENDUKUNG KECERDASANNYA. jurnal kajian dan pengembangan umat, 47.

Nani Husnaini1, J. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 114- 116.

Raudia Raudatul Zannah1, E. H. (2020). perkembangan emosi anak usia dini pada keluarga pola asuh demokratis. JURNAL CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 9.

Rosita, A. (2024, November 10). Desa Tanjung Atap. From wordpress.

Siti Azizi Fauziyyah1, I. I. (2020). Art Therapy Sebagai Penyaluran Emosi Anak. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 110.

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Oktaviani, R., & Artanti, A. L. (2025). SOSIALISASI KATARSIS EMOSI ANAK MELALUI METODE MEWARNAI DI SDN 17 TANJUNG BATU DESA TANJUNG ATAP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1140–1144. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42325

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.