LINGKUNGAN LINGKUNGAN DAN PROSES PERKEMBANGAN OTAK DALAM MATA KULIAH NEUROSAINS PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Elpita Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Lizi Virma Surianti Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Amrizon Amrizon Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Ahmad Lahmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Sri Wahyun Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Dasrizal Dahlan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.41920

Keywords:

Lingkungan, Perkembangan Otak, Dan Proses Perkembangan Otak

Abstract

Khususnya dalam hal pendidikan, lingkungan memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan otak. Pertumbuhan fisik, mental, dan emosional seseorang semuanya dipengaruhi oleh perkembangan otaknya. Otak tidak diragukan lagi adalah pusat kecerdasan. Sejak lahir, pertumbuhan dan perkembangan manusia secara signifikan dipengaruhi oleh perkembangan otak. Fungsi otak sangat bergantung pada pembentukan koneksi antara sel-sel saraf oleh saraf dan cabang-cabangnya. Stimulasi dini berdampak pada perkembangan otak. Lingkungan fisik, sosial, dan emosional semuanya memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan otak. Metode Kualitatif merupakan metode yang digunakan dan memiliki dengan desain penelitian studi literature atau library research. Kemudian dilakukan dengan meninjau sumber bacaan yang terkait dengan topik penelitian yang dibahas, serta dengan meninjau studi dokumen dari penelitian sebelumnya yang berkaitan konsep. Data dikumpulkan dengan melihat buku-buku, jurnal ilmiah, dan sumber digital. Hasil dan pembahasan penelitian yaitu Perkembangan otak adalah salah satu aspek pertumbuhan dan perkembangan manusia yang secara signifikan dipengaruhi oleh variabel lingkungan. Genetika dan lingkungan berinteraksi secara rumit untuk menentukan perkembangan otak. Sejak janin masih dalam kandungan hingga bayi lahir, usia 0 hingga 1 tahun, 2 hingga 3 tahun, 4 hingga 5 tahun, proses perkembangan otak akan berlangsung dalam beberapa fase. Lingkungan rumah/keluarga, serta lingkungan sekolah dan pendidikan, memiliki pengaruh terhadap proses perkembangan otak.

References

Adawiyah, S. R. (2022). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup. Journal For Gender Studies, 14(1), 90–108.

Arofah, N. D., Azizah, S. R., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan Pembelajaran yang Berbasis Perkembangan Otak. Jurnal Ceria, 2(2), 65–73.

Azimah, N. (2021). Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak Usia Dini dengan Stimulasi Berbasis Neurosains. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 22022155.

Dahlan, F., Abubakar, A., Basri, H., & Abbas, R. R. (2024). Memahami QS. Al A’raf Ayat 6 mengenai Perampasan Lahan: Telaah Penafsiran Kontekstual Menurut Pendidikan Abdullah Saeed. Reslaj: Religion Education Sosial Laa Roiba Journal, 6(1), 2266–2282. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.367

Eno, L. R., & Gea, B. G. P. (2022). Perlindungan Dan Pengelolah Lingkungan Hidup Dalam Undang-Undang N0. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Jurnal Berkala Fakultas Hukum Universitas Bung Karno, 1, 146–147.

Fikriana, A., & Sari, D. N. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2018 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Dalam Persepektif Siyasah Dusturiyah. Jurnal Hukum, Politik Dan Komunikasi Indonesia, 2(1), 39–43. https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/Jhui

Herlina, N., & Nurjanah, A. (2017). Membentuk Kecerdasan Otak Janin Selama Kehamilan. Jurnal Sehat Masada, 10(2), 157–161. http://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/42/26

Jannah, M. (2023). Perkembangan Otak pada Masa Anak Usia Dini: Kajian Dasar Neurologi dan Islam. Bunnaya: Junal Pendidikan Anak, 9(1), 171–180. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SIST EM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2006

Kesuma, U., & Istiqomah, K. (2019). Perkembangan Fisik Dan Karakteristiknya Serta Perkembangan Otak Anak Usia Pendidikan Dasar. Jurnal Madaniyah, 9(2), 217–236.

Lalu Abdurrahman Wahid. (2022). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pengembangan Potensi Otak Menggunakan Teori Neurosciences. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 164.

Munandar, D. (2021). Ecopreneurship: Strategi Bisnis Ramah Lingkungan. Cipta Media Nusantara.

Nugroho, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan Pada Kelas Iv Min 1 Jombang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 16–31. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i2.1691

Rofik, M., & Mokhtar, A. (2021). Pencemaran Dalam Lingkungan Hidup. Seminar Keinsinyuran Program Studi Program Profesi Insinyur, 1(1), 102–105. https://doi.org/10.22219/skpsppi.v1i0.4210

Roswantoro, A. (2012). Refleksi Filosofis atas Teologi Islam Mengenai Lingkungan dan Pelestarian. Al-Tahrir, 12(2), 219–238.

Tamin, A. K. (2022). Telaah Konsep Otak Dalam Al-Qur’an: Kajian Tafsr ’Ilmu terhadap Kata Al-Nasiyah dan Al-Sadr. Tanzil: Jurnal Studi Al-Quran, 5(1), 15–28. https://doi.org/10.20871/tjsq.v5i1.190

Waruwu, M. (2023). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Wiguna, I. G. R. P., Wahyuni, A. A. S., & Aditya, M. (2023). Waham Somatik : Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengembangan (JHPP), 1(3), 171–176. https://doi.org/10.61116/jhpp.v1i3.156

Yamin, M., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Konsep Pendidikan Berwawasan Lingkungan dalam Perspektif Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5852–5862. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3513

Yusuf, M. H., & Hamruni. (2023). Pembelajaran Berbasis Otak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal AL-MURABBI, 9(1), 36–50. https://doi.org/10.35891/amb.v8i2.4717

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Sari, E., Surianti, L. V., Amrizon, A., Lahmi, A., Wahyun, S., & Dahlan, D. (2025). LINGKUNGAN LINGKUNGAN DAN PROSES PERKEMBANGAN OTAK DALAM MATA KULIAH NEUROSAINS PENDIDIKAN ISLAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2199–2207. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.41920

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.