REVITALISASI GREEN AREA DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI UPT SPF SDN MANGASA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.42240Keywords:
Green Area, Limbah Plastik, Tanaman Obat Keluarga, TOGAAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengelola ruang terbuka hijau UPT SPF SDN Mangasa melalui pemanfaatan sampah plastik sebagai media tanam obat keluarga (TOGA) untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Proyek ini bertujuan untuk mengatasi tantangan lingkungan, dengan fokus khusus pada sampah plastik, sekaligus mempromosikan pendidikan kesehatan melalui penanaman tanaman obat. Metode yang digunakan meliputi observasi dan prosedur eksperimental. Sampah plastik, termasuk botol dan kantong, dikumpulkan secara sistematis, dibersihkan secara menyeluruh, dan kemudian digunakan kembali menjadi wadah penanaman. Keterlibatan siswa dan guru dalam proses penanaman TOGA, yang meliputi jahe, kunyit, dan serai, di area hijau sekolah patut dicatat. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemanfaatan sampah plastik sebagai pot tanaman secara signifikan mengurangi volume sampah plastik dan meningkatkan daya tarik estetika ruang terbuka hijau sekolah. Selain itu, proyek ini secara substansial meningkatkan kesadaran lingkungan siswa, karena mereka terlibat aktif dalam pengelolaan sampah dan memperoleh pengalaman langsung dalam perawatan tanaman. Penggabungan TOGA semakin meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya tanaman obat dalam kaitannya dengan kesehatan dan keberlanjutan lingkungan. Sebagai kesimpulan, proyek ini secara efektif mencapai pembentukan area hijau yang berkelanjutan secara lingkungan sekaligus menyediakan kesempatan pendidikan bagi siswa tentang praktik berkelanjutan dalam kesehatan dan pengelolaan limbah.References
Fathoni, F. (2019). Pendampingan Komunitas Sekolah Berbasis Go Green melalui Tanaman Hidroponik dan Bank Sampah di MI At Taqwa Wotgalih. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 221-238.
Handayani, L. (2020). Keuntungan, kendala dan solusi pembelajaran online selama pandemi COVID-19: Studi ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15-23.
Mahendra, I. M. A. (2022). Analisis Ruang Terbuka Hijau Dalam Perspektif Pembangunan Kota Berkelanjutan (Studi kasus Kawasan pusat Kota Denpasar, Bali). Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 5(1), 41-49.
Moridu, I., Purwanti, A., Melinda, M., Sidik, R. F., & Asfahani, A. (2023). Edukasi Keberlanjutan Lingkungan Melalui Program Komunitas Hijau Untuk Menginspirasi Aksi Bersama. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7121-7128.
Nikasari, D. (2021). Strategi Pengelolaan Sekolah Adiwiyata dalam Mewujudkan Karakter Siswa yang Peduli Lingkungan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Warsidah, W. (2023). Sosialisasi Peningkatan Kualitas Lingkungan Perairan Melalui Program Jaga Laut Kita dari Sampah Plastik. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 450-457.
Yunianto, A., & Pramudhita, M. T. (2024). Sistem Kontrol Cahaya, Temperatur, dan Kualitas Udara Ruangan Kelas (Smart Class) di FTI UII untuk Mendukung UI GreenMetric(Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ira Pasira, Kartini Afrilia Wulandari, Mujiburrahman Yunus, Mawadda Dinda S, Ismail Ismail, Nurul Fadhilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.