PENYULUHAN TENTANG STRATEGI BISNIS KULINER PADA RUMAH MAKAN IKAN PANGGANG “ JK “ JALAN LINTAS SUMATERA KM.05 NAGARI SUNGAI KAMBUT PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Authors

  • Dian Oldisan STIA LPPN Padang
  • Yenni Jufri STIA LPPN Padang
  • Yull Hartono STIA LPPN Padang
  • Seven Putra STIA LPPN Padang
  • Yurismen Efendi STIA LPPN Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41983

Keywords:

Rumah Makan, Penyuluhan, Strategi Bisnis Kuliner

Abstract

Penelitian yang dibahas adalah menjelaskan suatu usaha Bisnis kuliner merupakan usaha ada yang turun-temurun yang dimulai dari nenek moyang mereka ( Kakek dan Nenek ) dan dilanjutkan oleh generasi ke generasi berikutnya ( Anak-anak mereka ) itupun kalau anak dan keuarga mereka mau dan melanjutkan dengan semangat dan kerja keras untuk menjalaninya, bisnis kuliner merupakan bisnis yang sudah lama berkembang dan maju baik itu dipusat kota maupun didaerah-daerah yang masing-masing mempunyai kelebihan dan beraneka ragam masakan yang disediakan ada yang bersifat aman yang sudah dibesarkan maupun masakan ( kuliner ) yang sudah melegenda dari masa ke masa. Semua masakan mempunyai ciri khas masing-masing semuanya menampilkan dan mempromosikan yang dapat mengundang selera masyarakat dan pelanggannya contoh dari kuliner setiap daerah ada dari Sumbar, Rendang, Ayam Panggang, Ikan panggang bermacam-macam ( sup ). Di Aceh ada Kambing Guling, dan Gulai kambingnya, di Kalimantan ada Soto Banjarnya dan lain-lain.  Rumah Makan Ikan Panggang “ JK “ yang terletak di Km.5 Lintas Sumatera ( Jalan Sumbar- Jakarta ) yang terletak di Kenagarian Sungai Kambut Pulau Punjung di sinilah Usaha ini berjalan +  5 tahun sebelum membuka rumah makan ini tempat ini dulu di sewakan beberapa tahun kemudian seadanya dihentikan dan dilanjutkan membuka rumah makan ikan panggang ini. Tujuan dari pengabdian ini di Rumah Makan JK adalah ingin mengetahui sebagian jauh perjalanan usaha Perencanaan untuk memulai dan melaksanakan kegiatan bisnis dimulai dari mempersiapkan apa yang dibutuhkan agar membuat bisnis itu berjalan dengan memperhatikan hal-hal apa yang diinginkan oleh masyarakat dan konsumen, dalam hal bahasa peranannya adalah membaca selera dan pelayanan memuaskan semua pihak baik itu semua yang terlibat dalam kegiatan bisnis itu sendiri, Tujuan jangka panjang sebuah perusahaan dan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk memenangkan kompetisi dan persaingan dalam mengambil hati konsumen, pelanggan dan masyarakat untuk datang ke rumah makan ikan panggang “ JK “ ini.

References

Anoraga,Panji . 2007 . Pengantar Bisnis : Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi , Jakarta : Rineka Cipta

M.Fuad,Christin H.Nurlela dkk . 2006 . Pengantar Bisnis , Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Prof.Dr.H.Buchari Alma.2014.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Alfabeta

Tjiptono Fandy dkk . 2008. Pemasaran Strategik , Yogyakarta : CV Andi Offset

Tantri Francis . 2015 . Pengantar Bisnis , Jakarta : Rajawali Pers

Lexy J.Moleong, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosda Karya

Sugyono, 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan kombinasi ( Mixedmethod ) Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2025-01-19

How to Cite

Oldisan, D., Jufri, Y., Hartono, Y., Putra, S., & Efendi, Y. (2025). PENYULUHAN TENTANG STRATEGI BISNIS KULINER PADA RUMAH MAKAN IKAN PANGGANG “ JK “ JALAN LINTAS SUMATERA KM.05 NAGARI SUNGAI KAMBUT PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 782–781. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41983

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.