MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE ROLE PLAY DI PAUD THURSINA DAERAH SISINGAMANGARAJA KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.41256Keywords:
Paud Thursina, Roleplay,KreativitasAbstract
Proses pembelajaran Paud Thursina sejalan dengan panduan pembelajaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud yang dimana mengikuti kurikulum 13 dan kurikulum merdaka. Pada Paud, capaian pembelajaran bertujuan untuk memberikan arah yang sesuai dengan aspek perkembangan anak sehingga kompetensi pembelajaran yang diharapkan dicapai anak. Lingkup capaian pembelajaran di Paud dikembangkan dari stimulasi perkembangan anak, yaitu nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan nilai Pancasila. Metode yang digunakan yaitu Role Play. Hasil pengabdian Masyarakat Penerapan metode role play di Paud Thursina mengalami peningkatan. Anak-anak menirukan peran yang mereka mainkan sehingga kreativitas peserta didik akan berkembang yang dapat dilihat dari hasil data pra-tindakan, siklus I, siklus II. Berdasarkan hasil pelaksanaan program dihasilkan bahwa terjadi peningkatan pada pra tindakan 40%, dilanjutkan ke siklus I menghasilkan 41%, dan selanjutnya yaitu siklus II yaitu 46%. Dari program role play yang laksanakan penulis melihat peserta didik Paud Thursina menjadi lebih aktif dan lebih kreatifReferences
Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.
Aisyah, Siti dkk. (2007) Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Akbar, Sa'dun. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (Filosofi, Metodologi, dan Implementasinya). Malang: Surya Pena Gemilang
Akib, Zainal, dkk., eds. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, SD, TK. Bandung: CV.YRAMA WIDYA
Elizabeth, B, Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama
Isjoni. (2011). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta
Khoerunnisa, N. (2015). Optimalisasi Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif dalam Mengasah Percaya Diri Anak Usia Dini. Lentera, XVIII(1), 77–91.
Latif, Mukhtar, el al., eds. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Grub
Mulyasa. (2017). Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Moeslichatoen, (2004), Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta; Rineka Cipta.
Musi, Muhammad Akil. (2014). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. Skripsi: Universitas Negeri Makassar
Mutiah, Dian. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Nurbiana Dhieni, I. Y. (2020). PANDUAN PENEGERIAN SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Pedoman Penilaian Pembelajaran AUD, (2015). Diktorat Pembinaan Pendidik Anak Usia Dini. Jakarta.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana
Ria. (2021, April 05). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET. Diambil kembali dari lmsspada.kemdikbud.go.id
Santrock, J. W. (2011). Life Span Development (13 ed.). (M. Ryan, Penyunt.) Mike Sugarman.
Sujiono, Y. N. (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PTIndeks.
Siska, Yulia. (2012). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatka Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal: Jakarta
Talajan, Guntur, (2012). Menumbuhkan Kreativitas Dan Prestasi Guru, Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Tatminingsih, S., & Cintasih, 1. (2019). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam S. Tatminingsih, H. Lulu, & I. Cintasih, Modul 1 Hakikat Anak Usia Dini (2 ed.). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
Yulia, N. (2019). Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B. In Seminar Nasional PGPAUD(hal. 207– 2017). Banten: Unitirta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Hurriyati, Aqlima Tursina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.