PELATIHAN PENGELOLAAN KELAS AKTIF BERBASIS DIGITAL DI SD SWASTA GKPS 1 RAMBUNG MERAH, PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39154Keywords:
Berbasis Digital, Pengelolaan, Kelas, AktifAbstract
Berbasis digital adalah salah satu metode pembelajaran yang banyak digunakan saat ini salah satunya dalam pengelolaan kelas. Teknologi digital berfungsi sebagai media pembelajaran yang canggih, memungkinkan peserta didik untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan cepat. Penggunaan teknologi digital sebagai media pembelajaran dapat memungkinkan siswa untuk mempelajari materi dengan lebih interaktif dan menyenangkan. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan melatih para guru dalam pengelolaan kelas aktif berbasis digital. Metode yang digunakan adalah action research (Penelitian tindakan) yang terdiri dari 4 (empat) langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi/refleksi. Adapun mitra dari kegiatan PKM ini adalah para guru di SD Swasta GKPS 1 Rambung merah, Pematangsiantar. Tim pengabdian kemudian membuat tim pengajar yang akan terjun langsung memberikan materi dan membimbing peserta pelatihan. Sehingga dengan adanya kegiatan pelatihan ini, guru-guru bisa lebih terampil dalam mengelola kelas berbasis digital dan menanamkan nilai-nilai digital dalam pembelajarannya. Selain itu guru-guru dapat menguasai beberapa strategi pembelajaran di kelas, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Luaran yang ditargetkan dalam pengabdian ini adalah berupa jurnal pengabdian kepada masyarakat ber-ISSN. Tingkat Kesiapan Terapan Teknologi (TKT) pada saat ini berada pada TKT-2 dengan target TKT 3 yaitu pelatihan pengelolaan kelas aktif berbasis digital.References
Amiroh, A., & Afifah, L. (2021). Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keterampilan Membaca Bahasa Jerman. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(2), 241–249.
Firdaus, A., Asrori, A., Hakim, D. A., & Anggraini, H. (2024). Implementasi Model Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Teknologi Dalam Meiningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Unisan Jurnal, 3(1), 215–238. Https://Journal.An-Nur.Ac.Id/Index.Php/Unisanjournal/Article/View/2082
Haes, P. E., Rahayu, W., Gorda, A. A. N. E. S., & Maheswari, A. A. I. A. (2023). Transformasi Pendidikan: Komunikasi Pembelajaran Digital Sekolah Dasar Anak Emas Denpasar. Jurnal Sinestesia, 13(2), 804–812. Https://Sinestesia.Pustaka.My.Id/Journal/Article/View/406
Hakiki, M., Apdoludin, Wulandari, T., Sabir, A., & Pitra, D. H. (2023). Workshop Dan Pelatihan Penerapan E-Learning (Learning Management System) Melalui Manajemen Kelas Pada Smk Negeri 6 Muara Bungo. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 299–307. Https://Doi.Org/10.33379/Icom.V3i1.2256
Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Vokasi Dan Pengembangan Guru. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–82. Https://Doi.Org/10.59373/Kharisma.V3i1.47
Hardhienata, S., Suchyadi, Y., & Wulandari, D. (2021). Strengthening Technological Literacy In Junior High School Teachers In The Industrial Revolution Era 4.0. Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 5(3), 330–335. Https://Doi.Org/10.33751/Jhss.V5i3.4220
Irianti, L., Rachmawati, E., & Friatin, L. Y. (2020). Pelatihan Guru-Guru Bahasa Inggris Dalam Penggunaan Flipped Classroom Model Di Era Literasi Digital. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 1–17. Https://Doi.Org/10.33369/Jurnalinovasi.V1i1.13219
Jagadisen, M. S. A., Salamzadeh, Y., Farzad, F. S., Salamzadeh, A., & Palali?, R. (2021). Digital Leadership And Organizational Capabilities In Manufacturing Industry: A Study In Malaysian Context. Periodicals Of Engineering And Natural Sciences (Pen), 10(1), 195. Https://Doi.Org/10.21533/Pen.V10i1.2237
Kin, T. M., Kareem, O. A., Musa, K., Ghouri, A. M., & Khan, N. R. (2020). Leading Sustainable Schools In The Era Of Education 4.0: Identifying School Leadership Competencies In Malaysian Secondary Schools. International Journal Of Management In Education, 14(6), 580. Https://Doi.Org/10.1504/Ijmie.2020.110690
Kin, T. M., Omar, A. K., Musa, K., & Ghouri, A. M. (2022). Leading Teaching And Learning In The Era Of Education 4.0: The Relationship Between Perceived Teacher Competencies And Teacher Attitudes Toward Change. Asian Journal Of University Education, 18(1), 65–80. Https://Www.Lens.Org/021-169-765-827-735
Nababan, T. M., Purba, S., & Siburian, P. (2020). The Challenge Of Being A Teacher In Industrial Revolution 4.0. Proceedings Of The 5th Annual International Seminar On Transformative Education And Educational Leadership (Aisteel 2020), 219–223. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.201124.047
Novelita, N., Devian, L., Sufyarma, S., & Rifma, R. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah Dasar Di Era Digital. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 10(3), 380–395. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.69896/Modeling.V10i3.1673
Purwanto, M. E., & Hasim, I. (2022). Sikap Guru Dalam Melaksanakan Kebijakan Kurikulum Paradigma Baru. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 182–196. Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.Id/Id/Eprint/10101
Putri, P. (2024). Pengembangan Keahlian Guru Dalam Pengelolaan Kelas Virtual Smp Negeri 1 Bandar Pulau. Edukatif, 2(2), 167–176. Https://Ejournal.Edutechjaya.Com/Index.Php/Edukatif/Article/View/640
Qureshi, M. I., Khan, N., Raza, H., Imran, A., & Ismail, F. (2021). Digital Technologies In Education 4.0. Does It Enhance The Effectiveness Of Learning? Http://Hdl.Handle.Net/123456789/25661
Rezania, V., Fihayati, Z., Amrullah, M., Ambarwati, F. I., & Hadian, N. S. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Sd Muhammadiyah 5 Porong. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1415. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V6i3.10273
Rizkiyah, N., Abdillah, A., & Nizar, A. (2023). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Guru Di Smk Yatindo Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(3), 94–97. Https://Doi.Org/10.30998/Pkmbatasa.V2i3.2068
Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Aktif Berorientasi Higher Order Thinking Skill: Pemberdayaan Guru Sd Selama Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(2), 373–378. Https://Doi.Org/10.47679/Ib.2022232
Sinyanyuri, S., Utomo, E., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2022). Literasi Sains Dan Asesmen Kompetensi Minimum (Akm): Integrasi Bahasa Dalam Pendidikan Sains. Jurnal Basicedu, 6(1), 1331–1340. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2286
Sutaryanti, B. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Perangkat It Dalam Pembelajaran Melalui Kegiatan Iht Berbasis Tutor Sebaya Pada Guru Sd Negeri Windusari 2 Tahun 2022. Jupenji?: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(3), 34–45. Https://Doi.Org/10.57218/Jupenji.Vol2.Iss3.797
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal Pkm Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154. Https://Doi.Org/10.31851/Dedikasi.V7i1.15974
Wiryatmo, R. D., Iriani, A., & Waruwu, M. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Penguatan Sdm Program Sekolah Penggerak Di Sekolah Menengah Pertama Dengan Model Cippo. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 22–34. Https://Doi.Org/10.24246/J.Jk.2023.V10.I1.P22-34
Yuliana, R., Vy, I. A., Andriana, E., Multifah, S., & Wulandari, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Rara Storytelling Berbasis Multiliterasi Untuk Melatih Keterampilan Berbahasa Reseptif Di Sd. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 664–675. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V6i3.64940
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anita Debora Simangunsong

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.