PKM PENDAMPINGAN DIGITALISASI DENGAN S - COMMERCE UKM UD. DUA PUTRA PADA ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39049Keywords:
Digitalisasi ; Society 5.0 ; Sosial Commerce ; TikTokAbstract
Era Society 5.0 telah terjadi integrasi antara dunia maya dan nyata. Society 5.0 dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Hal yang menjadi prinsip dasar dalam society 5.0 adalah keseimbangan dalam perkembangan bisnis dan ekonomi dengan lingkungan sosial. Metode komunikasi pemasaran yang dulu tradisional dan konvensional, sekarang terintegrasi dunia digital. Digitalisasi membentuk sikap pengusaha pedesaan secara berbeda, meskipun peluang yang diperoleh sama dari penggunaan teknologi digital hadir di desa tetapi pelaku UKM di wilayah pedesaan pada umumnya belum memiliki literasi digital yang baik. Hal ini juga dialami oleh UD. Dua Putra yang memproduksi keripik labu dan hanya melakukan penjualan secara offline sehingga kegiatan pemasaran tidak dapat menjangkau wilayah lebih luas yang mengakibatkan jumlah penjualan tetap. Agar dapat meningkatkan penjualan UKM UD. Dua Putra dibutuhkan pendampingan digitalisasi menggunakan platform media sosial sebagai sarana untuk promosi dan penjualan. Integrasi layanan belanja online pada media sosial yang disebut dengan istilah social commerce terus meningkat. Social commerce (S – Commerce) merupakan metode penjualan melalui media sosial, salah satu platform media sosial yang banyak digunakan untuk S-Commerce adalah TikTok. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) KKN OBE ini UKM UD. Dua Putra dapat meningkatkan keterampilan melakukan promosi dan penjualan keripik labu di Platform media sosial TikTok.References
Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147-157. DOI: https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21
Andon, N. S., & Annuar, S. N. S. (2023). The Adaptation of Social Media Marketing Activities In S-Commerce: TikTok Shop. Information Management and Business Review, 15(1 (I) SI), 176-183. DOI: https://doi.org/10.22610/imbr.v15i1(I)SI.3404
Ardinata, R. P., Rahmat, H. K., Andres, F. S., & Waryono, W. (2022). Kepemimpinan transformasional sebagai solusi pengembangan konsep smart city menuju era society 5.0: sebuah kajian literatur [Transformational leadership as a solution for the development of the smart city concept in the society era: a literature review]. Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 1(1).
Hayashi, H., Sasajima, H., Takayanagi, Y., & Kanamaru, H. (2017, September). International standardization for smarter society in the field of measurement, control and automation. In 2017 56th Annual Conference of the Society of Instrument and Control Engineers of Japan (SICE) (pp. 263-266). IEEE. DOI: 10.23919/SICE.2017.8105723
Lu, Z., Xia, H., Heo, S., & Wigdor, D. (2018). You watch, you give, and you engage: a study of live streaming practices in China. In Proceedings of the 2018 CHI conference on human factors in computing systems (pp. 1-13). DOI : https://doi.org/10.1145/3173574.3174040
Maghfiroh, F. M. S., Natalina, S. A., & Efendi, R. (2023). Transformasi Ekonomi Digital: Connection Integration E-Commerce dan S-Commerce dalam Upaya Perkembangan Ekonomi Berkelanjutan. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2(1), 1-10.
Maharani, S., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Immersion Saat Live Streaming Syaria Shopping Serta Pengaruhnya Kepada Minat Pembelian (Studi Pada Social Commerce Tik Tok Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2942-2955. DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i2.9854
Marlisa, L., Vahlia, I., & Latif, S. (2022). Edukasi Penggunaan Aplikasi “Tik-Tok” Sebagai Media Digital di Desa Banjar Rejo Batanghari Lampung Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 414-424. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i2.2199
Maulana, M. A., & Sandyawati, N. S. (2023). Using Tiktok Social Media As A Marketing Promotion Media In Online Business. International Journal of Social Science, 3(4), 507-514. DOI: https://doi.org/10.53625/ijss.v3i4.7151
Nastiti, F. E., & Ni’mal‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal kajian teknologi pendidikan, 5(1), 61-66.
Özdemir, V. &. (2018). Birth Of Industry 5.0: Making Sense Of Big Data With Artificial Intelligence,“The Internet Of Things” And Next-Generation Technology Policy. Omics: A Journal Of Integrative Biology 22(1) , 65-76.
Pongratte, L. J., Liu, J., Putri, M. D. P. W., & Paulin, A. (2023). The effect of promotion via TikTok live streaming on consumers’ buying interest in clothing products. Open Journal of Social Sciences, 11(4), 333-347. DOI: 10.4236/jss.2023.114024
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100. DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1395
Ratnapuri, C. I., Karmagatri, M. U. L. Y. A. N. I., Kurnianingrum, D. I. A. N., Utama, I. D., & Darisman, A. R. I. S. (2023). Users Opinion Mining of Tiktok Shop Social Media Commerce To Find Business Opportunities for Small Businesses. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 101(1), 214-222.
Simberova, I; Koraos, A.; Schuller, D.; Smolikova, L. Strakova, J; Vachal, J. 2022. Threats and Opportunities in Digital Transformation in SMEs from the Perspective of Sustainability: A Case Study in the Czech Republic. Sustainability Journal Vol. 14 p. 1-17. DOI :
Skobelev, P., & Borovik, Y. S. (2017). On The Way From Industri 4.0 To Industri 5.0: From Digital Manufactureing To Digital Society. International Scientific Research Journal «Industri4.0» , 307- 311
Soekamto, H., Nikolaeva, I., Abbood, A. A. A., Grachev, D., Kosov, M., Yumashev, A., ... & Nikitina, N. (2022). Professional development of rural teachers based on digital literacy. Emerging Science Journal, 6(6), 1525-1540. DOI: http://dx.doi.org/10.28991/ESJ-2022-06-06-019
Subagja, A. D., & Oktoberi, Z. (2023). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Keripik Singkong Widia di Desa Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang-Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 547-562.
Supriyadi, S., Christian, A., Suryani, I., & Rusdi, I. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Promosi Media Sosial TikTok Pada Fatayat NU. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 566-572. DOI: https://doi.org/10.25008/altifani.v2i6.290
Syahputra, E., Sumelvia Dewi, A., Hardiningrum, I. S., & Nadhiroh, U. (2024). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA PROMOTION ON PURCHASE DECISIONS IN SUKUN CHIPS SMEs IN KEDIRI. JOURNAL OF HUMANITIES, SOCIAL SCIENCES AND BUSINESS, 3(3), 752–759. https://doi.org/10.55047/jhssb.v3i3.1164
Ubaidillah, M., Widhianningrum, P., Novitasari, M., & Sudrajat, M. A. (2023). Pelatihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada UMKM Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. ABDI SATYA DHARMA, 1(2). DOI: https://doi.org/10.55822/absd.v1i2.472
Yu, C. H., Tsai, C. C., Wang, Y., Lai, K. K. &Tajvidi, M. (2020). Towards building a value co-creation circle in social commerce. Computers in Human Behaviour. DOI : https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.04.021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cahyuni Novia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.