REVITALISASI PERPUSTAKAAN SDN 64 BUNTU AMPANG DESA SALU DEWATA KEC. ANGERAJA KAB. ENREKANG

Authors

  • Muh. Ikhwan Universitas Muhammadiyah Bone
  • Rasyid Ridha Universitas Muhammadiyah Bone
  • Maming Genda B Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.37687

Keywords:

Revitalisasi, Perpustakaan

Abstract

Kegiatan pengabdian bertujuan untuk mengembalikan peran perpustakaan di SDN 64 Buntu Ampang Desa Salu Dewata Kec. Angeraja Kab. Enrekang agar sesuai dengan tujuan dan fungsinya yaitu melalui kegiatan pembaharuan pengelolaan perpustakaan sekolah, sehingga perpustakaan sekolah kembali berperan sebagai jantung sekolah dan dapat meningkatkan minat baca siswa. Revitalisasi adalah upaya untuk meningkatkan nilai melalui pembangunan kembali yang dapat meningkatkan fungsi dan tujuan sebelumya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan dengan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang dari kegiatan ini yaitu perpustakaan yang awalnya terbengkalai dan beralih fungsi kini telah digunakan kembali sesuai dengan fungsinya. Pembenahan dilakukan dengan membersihkan di sekitar perpustakaan terlebih dahulu, membenahi barang-barang yang tidak bermanfaat, melakukan pengelompokkan buku, menata Kembali buku-buku yang ada dan mendekorasi perpustakaan agar lebih rapi dan lebih menarik peserta didik dan hasilnya peserta ternyata memiliki antusias berkunjung ke perpustakaan setelah revitalisasi ini dilakukan, sehingga dengan demikin perpustakaan bisa dikatakan sudah berfungsi dengan baik.

References

Abdullah K. Tahapan Dan Langkah-Langkah Penelitian. Cet. I; Watampone: Lukman Al Hakim Press. 2013.

Arikunto, Suharmi. Manajemen Penelitian. Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1993.

Hartono, Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Lexy, Moleong. Metodelogi penelitian Kualitatif. Cet. I; Bandung: Remaja Rozda Karya, 2009.

M. Yusuf, Pawit dan Yaya Suhendar. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana, 2005.

S. Nasution, Metode Research: Penelitian Ilmiah. Cet. III; Jakarta: PT Bumi Aksara. 2000.

Sinaga, Dian. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Pustaka Putra Khatulistiwa, 2011.

Singarimbun, Masri dan Sofian Affendi, Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 2006.

Sugijanto dan Yuni Indarti. Cara Praktis Mengelola Perpustakaan. Surakarta: Era Adicitra Intermedia, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suhendar, Yaya. Panduan Petugas Perpustakaan; Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar. Cet. I; Jakarta: Prenada, 2014.

Suryana K.W., M. Idris. Organisasi dan Administrasi Perpustakaan Sekolah. Bandung: Biro Pustaka IKIP Bandung, 1978.

Taufik, Ahmad, dkk. Menggagas Perpustakaan Sekolah Produktif. Cet. I; Malang: Literasi Nusantara, 2021.

Wahyuni, Yuni Sri. Perpustakaan Milik Kita. Semarang; Alprin, 2008.

Nurlita Khasiati. 2021. Peran perpustakaan sekolah dalam mendukung proses pembelajaran di SMP IT Alfarisi Sleman di Yokyakarta. Yokyakarta.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Ikhwan, M., Ridha, R., & B, M. G. (2025). REVITALISASI PERPUSTAKAAN SDN 64 BUNTU AMPANG DESA SALU DEWATA KEC. ANGERAJA KAB. ENREKANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1079–1084. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.37687

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.