OPTIMALISASI UMKM KULINER KENDARI MELALUI INOVASI PRODUK, PEMASRAN DIGITAL DAN PENDEKATAN TRIPLE BOTTOM LINE

Authors

  • Wahyuni Rahmah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam
  • Karmila Alamsyah Welem Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam
  • Fahmi Sahlan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam
  • Haerul Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35600

Keywords:

UMKM Kuliner; Inovasi Produk; Pemasaran Digital;Triple Bottom Line; Keberlanjutan Bisnis

Abstract

Kota Kendari memiliki potensi besar di sektor kuliner yang didukung oleh kekayaan alam dan budaya lokal, namun UMKM di bidang ini masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan inovasi produk, rendahnya pengetahuan tentang pemasaran digital, dan kurangnya pemahaman terhadap konsep Triple Bottom Line (TBL). UMKM yang telah beroperasi lebih dari lima tahun, seperti "Bebek Gurih," mengalami stagnasi dalam pertumbuhan akibat kurangnya variasi produk dan strategi promosi yang efektif. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan dalam penerapan inovasi dan strategi pemasaran yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode pengabdian masyarakat dengan pendekatan pelatihan, pendampingan, dan evaluasi untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam inovasi produk, pemasaran digital, dan implementasi TBL. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam daya tarik dan penjualan produk UMKM melalui pengembangan varian baru, penggunaan bahan lokal, dan penerapan teknologi produksi modern. Pemasaran digital juga terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan konsumen, sementara penerapan TBL berkontribusi pada keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan strategi peningkatan daya saing dan keberlanjutan UMKM kuliner di Kendari melalui kolaborasi antar pemangku kepentingan.

References

Abdelwahed, A., van den Berg, P. L., Brandt, T., & Ketter, W. (2023). Balancing convenience and sustainability in public transport through dynamic transit bus networks. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 151. Scopus. https://doi.org/10.1016/j.trc.2023.104100

Abdullah, A., Baso, A., Ilham, I., & ... (2023). Digital Marketing, Inovasi Produk Dan Sosial Capital Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada UMKM Produk Koral Dan Ikan Hias. Indo-Fintech Intellectuals …, Query date: 2024-03-14 01:46:48. https://www.indo-intellectual.id/index.php/ifi/article/view/122

Abdurohim, D. (2023). Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis). repository.unpas.ac.id. http://repository.unpas.ac.id/64428/

Abendroth, A.-K., & Schwarz, A. (2023). Digital Communication and Work–Life Supportive Supervisor Behaviors in Europe. Social Inclusion, 11(4), 198–210. Scopus. https://doi.org/10.17645/si.v11i4.7084

Aditya, I. (2022). Difusi Inovasi Metode Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard oleh Bank BPD Bali. Jurnal Multidisiplin Madani, Query date: 2024-02-11 09:51:18. https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/809

Adri, M., Hanesman, H., Sriwahyuni, T., & ... (2019). Digital Marketing Sebagai Metoda Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknologi Informasi …, Query date: 2024-03-14 01:50:10. https://www.neliti.com/publications/293788/digital-marketing-sebagai-metoda-alternatif-wirausaha-bagi-mahasiswa-di-universi

Agah, J. J., Oguguo, B. C. E., Ene, C. U., Asor, L. J., & Andor, S. E. (2023). Mediating Influence of Lecturers and Students’ Characteristics on Acquisition of Research Skills Among Postgraduate Students. Interchange, 54(1), 19–37. Scopus. https://doi.org/10.1007/s10780-022-09481-5

Agustin, E., Sabrina, R., & ... (2022). ANALISIS PENGARUH UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN KEUANGAN DAN DERAJAT KESEHATAN DI INDONESIA. … Kesehatan …, Query date: 2024-03-02 11:01:46. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/9124

Akbar, K., Jaelani, A., Alambana, B., Athuri, S., & ... (2023). Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Value Added (Nilai Tambah) Produk Tempe melalui Inovasi Olahan Tempe untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat …. Jurnal Wicara …, Query date: 2024-08-24 03:50:23. https://journal.unram.ac.id/index.php/wicara/article/view/2384

Astuty, E. (2023). Partnership consensus in triple helix pathways: A challenge for sustainable higher education. 408. Scopus. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340801014

Aulady, F., & Harianto, S. (2022). Pertukaran Sosial dalam Hubungan Pertemanan Remaja Desa Winong melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, Query date: 2024-02-11 09:22:33. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIIS/article/view/54926

Bharaj, U. K., Lohmann, A. E., & Blanchette, P. S. (2021). Triple negative breast cancer: Emerging light on the horizon-a narrative review. Precision Cancer Medicine, 4(June). Scopus. https://doi.org/10.21037/pcm-20-75

Bijlani, V. (2023). The triple bottom line approach to sustainable buildings. In Sustainable and Healthy Building Environments (pp. 297–327). Nova Science Publishers, Inc.; Scopus. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85147957878&partnerID=40&md5=8cab632623a67197a0d5cdcd96ae1c6e

Dewi, A. (2018). Pengaruh iklan online melalui instagram terhadap keputusan pembelian bagi peningkatan penjualan produk kuliner lokal. Jurnal Ekonomi Universitas Kadika, Query date: 2024-03-14 01:48:24. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1207658&val=10447&title=PENGARUH%20IKLAN%20ONLINE%20MELALUI%20INSTAGRAM%20TERHADAP%20KEPUTUSAN%20PEMBELIAN%20BAGI%20PENINGKATAN%20PENJUALAN%20PRODUK%20KULINER%20LOKAL

Gumilang, W., Lazuardi, G., & ... (2024). Identifikasi Faktor Penentu dan Penolak Adopsi Aplikasi Telemedicine Menggunakan Teori Difusi Inovasi: Diffusion Of Innovation Theory. El-Mujtama: Jurnal …, Query date: 2024-02-11 09:51:18. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/elmujtama/article/view/6046

Hariyati, B. (2023). Analisis minat beli konsumen akan produk kuliner UMKM secara online di masa pandemi covid-19. SAINS MANAJEMEN, BISNIS DAN …, Query date: 2024-01-19 08:35:21. https://jurnal.lenterariset.or.id/index.php/simba/article/view/7

Hartatik, H., Rukmana, A. Y., Efitra, E., & Mukhlis, I. R. (2023). TREN TECHNOPRENEURSHIP: Strategi &Inovasi Pengembangan Bisnis Kekinian dengan Teknologi Digital. Books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=uHLXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=manajemen+keuangan+startups+teknologi+investasi+teknologi+keuangan&ots=Pfrax5Kgj0&sig=_6y12Z6l5HAUHvmejA-hSr2Q8e4

Hertadiani, V. W., & Lestari, D. (2021). Pengaruh inklusi keuangan dan pengelolaan keuangan terhadap kinerja UMKM sektor kuliner di Jakarta Timur. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan …. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/173

Himawan, A. (2019). Digital marketing: Peningkatan kapasitas dan brand awareness usaha kecil menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, Query date: 2024-03-14 01:50:10. https://journal.unimma.ac.id/index.php/bisnisekonomi/article/view/3030

Horowitz, L. S. (2023). The double movement and the triple-helix: Divestment, decommodification, and the Dakota Access Pipeline. Environment and Planning A, 55(6), 1337–1354. Scopus. https://doi.org/10.1177/0308518X221147299

Irawan, E. (n.d.). The Impact of Triple Bottom Line Based CSR Program in the Local Community Food Processing Industry. Academia.Edu, Query date: 2024-03-29 13:53:17. https://www.academia.edu/download/59948460/41_TheImpact20190706-73131-yrs0ni.pdf

Larasdiputra, G., & Saputra, K. (2021). Sosialisasi Media Online ’ “Taniku”’sebagai Pendukung Bangkitnya Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Kesiman, Denpasar, Bali. Krida Cendekia, Query date: 2024-01-19 08:35:21. http://www.kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/9

Setiawan, D., Wahyuhastuti, N., & ... (2021). PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS SAK EMKM PADA PENGUSAHA KULINER KELURAHAN WONODRI SEMARANG. Jurnal Abdimas …, Query date: 2024-03-02 10:59:49. http://jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/95

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Rahmah, W. ., Welem, K. A. ., Sahlan, F. ., & Efendi, H. . (2024). OPTIMALISASI UMKM KULINER KENDARI MELALUI INOVASI PRODUK, PEMASRAN DIGITAL DAN PENDEKATAN TRIPLE BOTTOM LINE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9396–9404. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35600

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.