PELATIHAN BISNIS DASAR UNTUK UMKM NAIK KELAS BEKASI: STRATEGI MEMBANGUN USAHA YANG BERKELANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.37822Keywords:
UMKM Naik Kelas, Sustainable Business, Product Innovation, Digital Marketing, BekasiAbstract
UMKM di Indonesia memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian nasional, namun masih menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan dalam inovasi produk, pengembangan kapasitas usaha, dan pemanfaatan teknologi digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dirancang untuk membantu anggota komunitas UMKM Naik Kelas Kota Bekasi dalam mengatasi tantangan ini melalui peningkatan kapasitas di tiga aspek utama: pemahaman konsep bisnis berkelanjutan, pengembangan produk inovatif, dan pemasaran digital. Program ini menggunakan pendekatan partisipatif, melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai fasilitator yang memandu peserta dalam diskusi, studi kasus, dan simulasi praktik. Kegiatan dilakukan secara offline dengan fokus pada pemberdayaan anggota UMKM Naik Kelas Kota Bekasi melalui pelatihan yang aplikatif dan interaktif. Berdasarkan evaluasi, hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap prinsip-prinsip bisnis berkelanjutan dan strategi pemasaran digital, serta munculnya rencana inovasi produk yang lebih adaptif dan ramah lingkungan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kontribusi nyata dalam membentuk UMKM yang lebih tangguh, berdaya saing, dan memiliki dampak positif bagi ekonomi lokal serta lingkungan. Kesimpulannya, program ini berhasil mendukung anggota komunitas UMKM Naik Kelas Kota Bekasi untuk lebih siap dalam menghadapi tantangan pasar global yang dinamis dan memberikan dampak sosial yang signifikan.References
Asikin, M. Z., & Fadilah, M. O. (2024). Masa Depan Kewirausahaan Dan Inovasi: Tantangan Dan Dinamika Dalam Era Digital. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 303–310.
Azhari, A., Kamaruddin, K., & Simahatie, M. (2024). Strategi Penciptaan Lapangan Kerja Pada Sektor Umkm Di Indonesia. Ekonomika: Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 16(1), 19–25.
Basuki, N. (2023). Mengoptimalkan Modal Manusia: Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Efektif Untuk Pertumbuhan Organisasi Yang Berkelanjutan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 182–192.
Dhamayanti, S. K. (2021). Analisis Implementasi Tanggung Jawab Sosial Berbasis Stakeholder Pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(2), 86–96.
Erwin, E., Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., Amaral, M. A. L., Setiawan, Z., Setiono, D., & Munizu, M. (2023). Digital Marketing: Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM Di Era Digital Di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298.
Harto, B., Rukmana, A. Y., Subekti, R., Tahir, R., Waty, E., Situru, A. C., & Sepriano. (2023). Transformasi Bisnis Di Era Digital (Teknologi Informasi Dalam Mendukung Transformasi Bisnis Di Era Digital). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 103–116. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i2.82
Jamilah, S., & Akwila, F. E. (2023). Strategi Pengembangan Dan Peningkatan Di Era Digital. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(5), 647–658.
Nurhidayati, N., Sugiyah, S., Syahyuni, D., & Wianti, W. (2021). Merubah Tantangan Sebagai Peluang Di Masa Pandemi Bagi Komunitas UMKM Naik Kelas Kota Bekasi. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 6–11.
Prabawani, B. (2016). Business Sustainability Dan Peran Triple Helix Dalam Industri. Terra Media.
Prakoso, T. (2024). Optimalisasi Manajemen Keuangan: Membangun Ketangguhan Dalam Dinamika Kompleks Ekonomi Global Yang Terkait Erat. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 2(1), 1–11.
Pranawukir, I., Putri, E. R., Barizki, R. N., Desilawati, N., & Hamboer, M. J. E. (2023). Peran Komunikasi Perubahan dalam Corporate Social Innovations (CSI) Di Era Marketing 5.0. Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies, 2(1), 1–12.
Rachmawati, S., Pramularso, E. Y., Sari, I., & Shahyuni, D. (2023). Pelatihan Copywriting For Marketing. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 27–36.
Raule, J. H., Nurhayati, N., Pratiwi, K. A., & Sinaga, R. (2024). Manajemen Pemasaran. PT Media Penerbit Indonesia.
Rezky, M. I. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Financial Technology. Journal of Principles Management and Business, 2(02), 64–77.
Suryahanjaya, B., Putra, B., & Nugroho, C. (2024). Inovasi Strategi Bisnis dalam Menghadapi Pola Konsumsi Dan Produk F&B yang Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 4, 38–48.
Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186.
Yulianti, N., Adji, F. F., Hukom, A., Nomeritae, N., Segah, H., Munier, M. T., & Putra, R. A. A. H. S. (2024). Pendampingan Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Sebagai Dasar Dalam Pembangunan Berkelanjutan Di Provinsi Kalimantan Tengah: The Assistance of the Preparation of Strategic Environmental Assesment as A Foundation for Sustainable Development in th. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(9), 1536–1554.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Abdullah, Hary Mulyadi, Valentine Theresia Simamora, Budhy Herry Pancasilawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.