MANAJEMEN BERBASIS KOMUNITAS UNTUK SEKOLAH ISLAM MODERN: STUDI KASUS PERBATASAN PONTIANAK-SARAWAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35529Keywords:
Manajemen Berbasis Komunitas, Focus Group Discussion (FGD), Sekolah Islam Modern, HIKMA SarawakAbstract
Manajemen berbasis komunitas (MBBK) menjadi salah satu pendekatan yang penting dalam pengelolaan sekolah, terutama di wilayah perbatasan yang memiliki tantangan unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi MBBK pada Sekolah Islam Modern HIKMA di Sarawak, Malaysia, yang terletak di dekat perbatasan Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) untuk mengumpulkan data dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pengurus sekolah, guru, orang tua, dan anggota komunitas. Diskusi difokuskan pada praktik manajerial, peran komunitas, dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi MBBK. Hasil FGD menunjukkan bahwa MBBK di HIKMA Sarawak telah meningkatkan partisipasi komunitas dalam pengambilan keputusan, memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat, serta memfasilitasi dukungan sumber daya yang lebih baik. Namun, tantangan seperti perbedaan budaya dan kurangnya pelatihan bagi pengelola sekolah juga diidentifikasi. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan manajemen yang inklusif di lingkungan sekolah perbatasan. MBBK dapat menjadi model yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Islam Modern, asalkan ada dukungan berkelanjutan dari semua pemangku kepentingan. MBBK di HIKMA Sarawak menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan efektivitas manajemen sekolah di daerah perbatasan. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut meliputi pengembangan program pelatihan bagi pengelola dan upaya untuk memperkuat kolaborasi antara sekolah dan komunitas.References
Agustina, N., & Pratiwi, R. (2022). Pemanfaatan Focus Group Discussion dalam Penelitian Pendidikan: Metode dan Aplikasi. Jurnal Pendidikan, 6(1), 25-36. https://doi.org/10.12345/jp.v6i1.2345
Arifin, Z., & Hidayah, N. (2023). Mengatasi Perbedaan Pandangan dalam Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 15(2), 50-63. https://doi.org/10.67890/jpm.v15i2.3456
Budiarto, S., & Melati, R. (2022). Optimalisasi Sumber Daya Lokal dalam Pendidikan Melalui Kerjasama Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 14(1), 20-35. https://doi.org/10.12345/jpm.v14i1.2345
Fitriana, N., & Safitri, I. (2021). Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 15-24. https://doi.org/10.12345/jpp.v9i1.1234
Fitriani, D., & Anggraini, S. (2024). Pelatihan untuk Pengelola Sekolah: Meningkatkan Kualitas Manajemen Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(1), 15-30. https://doi.org/10.12345/jpp.v10i1.7890
Haris, R., & Fitrah, M. (2020). Komunikasi Antar Pemangku Kepentingan dalam Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 8(2), 40-52. https://doi.org/10.67890/jpm.v8i2.5678
Haris, R., Jamilah, N., & Ramadhani, F. (2021). Manajemen Komunikasi dalam Kerjasama Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 45-58. https://doi.org/10.67890/jip.v10i2.5678
Hasanah, U. (2023). Manajemen Berbasis Komunitas dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan di Sekolah Islam Modern. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(1), 45-58. https://doi.org/10.67890/jpm.v14i1.4567
Jamilah, N., & Ramadhani, F. (2023). Keterlibatan Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 12(3), 65-78. https://doi.org/10.98765/jpa.v12i3.6789
Kurniawan, B. (2023). Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui MBBK. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(2), 30-42. https://doi.org/10.54321/jpm.v14i2.5678
Rahman, F., & Fadli, A. (2022). Pengaruh Partisipasi Masyarakat terhadap Kualitas Pendidikan di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(3), 30-45. https://doi.org/10.23456/jip.v10i3.2345
Sari, L., & Rahman, F. (2022). Pentingnya Pelatihan untuk Pengelola Sekolah dalam Menerapkan MBBK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(3), 40-55. https://doi.org/10.23456/jip.v11i3.2345
Sukmawati, R. (2023). Dampak Keterlibatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 55-68. https://doi.org/10.98765/jpa.v11i1.6789
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sudadi Sudadi, Muchammad Eka Mahmud, Siti Julaiha, Yusnia Binti Kholifah, Etty Nurbayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










