MANAJEMEN BERBASIS KOMUNITAS UNTUK SEKOLAH ISLAM MODERN: STUDI KASUS PERBATASAN PONTIANAK-SARAWAK

Authors

  • Sudadi Sudadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muchammad Eka Mahmud Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Julaiha Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Yusnia Binti Kholifah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Etty Nurbayani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35529

Keywords:

Manajemen Berbasis Komunitas, Focus Group Discussion (FGD), Sekolah Islam Modern, HIKMA Sarawak

Abstract

Manajemen berbasis komunitas (MBBK) menjadi salah satu pendekatan yang penting dalam pengelolaan sekolah, terutama di wilayah perbatasan yang memiliki tantangan unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi MBBK pada Sekolah Islam Modern HIKMA di Sarawak, Malaysia, yang terletak di dekat perbatasan Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) untuk mengumpulkan data dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pengurus sekolah, guru, orang tua, dan anggota komunitas. Diskusi difokuskan pada praktik manajerial, peran komunitas, dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi MBBK. Hasil FGD menunjukkan bahwa MBBK di HIKMA Sarawak telah meningkatkan partisipasi komunitas dalam pengambilan keputusan, memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat, serta memfasilitasi dukungan sumber daya yang lebih baik. Namun, tantangan seperti perbedaan budaya dan kurangnya pelatihan bagi pengelola sekolah juga diidentifikasi. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan manajemen yang inklusif di lingkungan sekolah perbatasan. MBBK dapat menjadi model yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Islam Modern, asalkan ada dukungan berkelanjutan dari semua pemangku kepentingan. MBBK di HIKMA Sarawak menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan efektivitas manajemen sekolah di daerah perbatasan. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut meliputi pengembangan program pelatihan bagi pengelola dan upaya untuk memperkuat kolaborasi antara sekolah dan komunitas.

References

Agustina, N., & Pratiwi, R. (2022). Pemanfaatan Focus Group Discussion dalam Penelitian Pendidikan: Metode dan Aplikasi. Jurnal Pendidikan, 6(1), 25-36. https://doi.org/10.12345/jp.v6i1.2345

Arifin, Z., & Hidayah, N. (2023). Mengatasi Perbedaan Pandangan dalam Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 15(2), 50-63. https://doi.org/10.67890/jpm.v15i2.3456

Budiarto, S., & Melati, R. (2022). Optimalisasi Sumber Daya Lokal dalam Pendidikan Melalui Kerjasama Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 14(1), 20-35. https://doi.org/10.12345/jpm.v14i1.2345

Fitriana, N., & Safitri, I. (2021). Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 15-24. https://doi.org/10.12345/jpp.v9i1.1234

Fitriani, D., & Anggraini, S. (2024). Pelatihan untuk Pengelola Sekolah: Meningkatkan Kualitas Manajemen Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(1), 15-30. https://doi.org/10.12345/jpp.v10i1.7890

Haris, R., & Fitrah, M. (2020). Komunikasi Antar Pemangku Kepentingan dalam Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 8(2), 40-52. https://doi.org/10.67890/jpm.v8i2.5678

Haris, R., Jamilah, N., & Ramadhani, F. (2021). Manajemen Komunikasi dalam Kerjasama Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 45-58. https://doi.org/10.67890/jip.v10i2.5678

Hasanah, U. (2023). Manajemen Berbasis Komunitas dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan di Sekolah Islam Modern. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(1), 45-58. https://doi.org/10.67890/jpm.v14i1.4567

Jamilah, N., & Ramadhani, F. (2023). Keterlibatan Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 12(3), 65-78. https://doi.org/10.98765/jpa.v12i3.6789

Kurniawan, B. (2023). Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui MBBK. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(2), 30-42. https://doi.org/10.54321/jpm.v14i2.5678

Rahman, F., & Fadli, A. (2022). Pengaruh Partisipasi Masyarakat terhadap Kualitas Pendidikan di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(3), 30-45. https://doi.org/10.23456/jip.v10i3.2345

Sari, L., & Rahman, F. (2022). Pentingnya Pelatihan untuk Pengelola Sekolah dalam Menerapkan MBBK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(3), 40-55. https://doi.org/10.23456/jip.v11i3.2345

Sukmawati, R. (2023). Dampak Keterlibatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 55-68. https://doi.org/10.98765/jpa.v11i1.6789

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

Sudadi, S., Mahmud, M. E. ., Julaiha, S. ., Kholifah, Y. B. ., & Nurbayani, E. . (2024). MANAJEMEN BERBASIS KOMUNITAS UNTUK SEKOLAH ISLAM MODERN: STUDI KASUS PERBATASAN PONTIANAK-SARAWAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9447–9453. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35529

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.