PELATIHAN DAN PENANAMAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA TERHADAP SISWA KELAS X DI SMK PGRI PEDAN KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30567Keywords:
Unggah-ungguh, SMK PGRI PedanAbstract
Menurunnya jumlah penutur bahasa Jawa dan rendahnya kemampuan SDM dalam berbicara bahasa Jawa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan, menjadi permasalahan di dalam kehidupan bermasyarakat pada umumnya, pemuda-pemudi dan para siswa jaman sekarang pada khususnya. Terlebih seringnya penggunaan bahasa Indonesia yang dirasa lebih mudah tanpa mengenal sistem tingkat tutur. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan pengabdian ini dilakukan untuk membantu para siswa jaman sekarang agar mampu berbicara dengan kosakata bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang benar dan para siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Sasaran dalam pengabdian ini adalah para siswa kelas x di SMK PGRI Pedan Klaten. Dengan berbagai kendala yang dialami para siswa dalam berbicara bahasa Jawa ini, tim pengabdian kepada Masyarakat memberikan Solusi dengan pelatihan dan penanaman unggah-ungguh bahasa Jawa, dimana para siswa terlihat antusias dan merasa sangat senang dalam proses pelatihan tersebut. Pelatihan ini sangat diharapkan oleh berbagai pihak, dikarenakan memudahkan para siswa dapat berbicara bahasa Jawa dengan kosakata yang sesuai dengan kaidah kebahasaan. Melalui pelatihan dan penanaman unggah-ungguh ini, para siswa diharapkan mampu dan menjadi mengerti sistem tingkat tutur dalam berbicara bahasa Jawa terhadap lawan bicara.References
Alfianika, N. (2018). Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. CV Budi Utama.
Jeklin, A. (2016). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 1(1), 1–23.
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nasional, I. D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa.
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29–37.
Rahmawati, M. A., & Idris, N. S. (2018). ALAT EVALUASI AFEKTIF BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1105–1110.
Sihong, L., & Damaianti, V. S. (2018). Bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia: Analisis pembelajaran BIPA dengan pendekatan integratif dalam konteks kecakapan hidup. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 875–880.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Syafrial, S., & Rumadi, H. (2019). Implementasi Kesantunan Bahasa Tokoh Novel Megat Karya Rida K Liamsi. GERAM, 7(1), 71–80. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(1).2875
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1).
Zamroni, M. (2022). Filsafat Komunikasi: Pengantar Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. IRCiSoD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pradnya Paramita Hapsari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










