DEVELOPING E-MODULE AS A SUPPLEMENTARY MATERIAL FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS

Authors

  • Shirly Rizki Kusumaningrum Universitas Negeri Malang
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang
  • Riska Pristiani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29954

Keywords:

Buku Teks Bahasa Inggris, E-Modul, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Banyak sekali buku-buku pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar yang saat ini digunakan, namun materi tambahan masih sangat diperlukan untuk dirancang guna mempermudah kegiatan belajar dan pembelajaran di kelas. Tentunya hal ini didasari pada kebutuhan guru dan siswa yang tentunya tidak hanya memerlukan buku utama sebagai satu-satunya pegangan, namun juga membutuhkan beberapa materi tambahan yang dirancang sesuai kebutuhan siswa. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, materi-materi yang akan dirancang tentunya akan lebih baik jika dapat dirancang dalam bentuk soft file sehingga memudahkan guru dalam menggunakan materi tersebut. Hal ini tentunya dapat memancing kreativitas guru untuk membuat materi pendukung, serta meningkatkan semangat dan motivasi siswa. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada guru-guru sekolah dasar (yang mengajar bahasa Inggris) untuk dapat membuat materi pendukung dalam bentuk digital; sehingga mereka dapat menuangkan kreatifitasnya yang tentunya dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, terlihat bahwa para guru berhasil membuat e-modul yang menarik dan juga efektif untuk digunakan bagi siswa sekolah dasar.

References

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Walker, D. A. (2014). Introduction to Research in Education. Wadsworth: Cengage Learning.

Bekker, T., Bakker, S., Douma, I., van der Poel, J., & Scheltenaar, K. (2015). Teaching children digital literacy through design-based learning with digital toolkits in schools. International Journal of Child-Computer Interaction, 5, 29–38. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2015.12.001

Heafner, T. L., Petty, T. M., & Hartshorne, R. (2011). Evaluating modes of teacher preparation: A comparison of face-to-face and remote observations of graduate interns. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 27(4), 154-164.

Hidayati, A. R., Ningrum, A. B. S., & Suci, D. N. (2022). The Development of a 3D English Modules based Character for English Lesson in the 4th Grade of Elementary School. Journal of English Teaching and Research, 7(2), 205-221.

Iqbal, M. N., Zaman, M. S., & Yaqoob, M. A. (2022). Development of the e-Learning Module of English for Students at the Elementary Level. Pakistan Journal of Educational Research, 5(3), 1-10.

Jenkins, J. (2019). English medium instruction in higher education: The role of English as lingua franca. Second handbook of English language teaching, 91-108.

Jewitt, C. (2006). Technology, literacy and learning: A multimodal approach. London: Routledge.

Jewitt, C. and Kress, G. (eds.). (2003). Multimodal Literacy. New York: Peter Lang.

Kress, G. and Van Leeuwen, T. (2001). Discourse: The Modes and Media of Contemporary Communication. New York: Oxford University Press.

Kress, G. and Van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design. London: Routledge.

Kuo, Y. F., & Yen, S. N. (2009). Towards an understanding of the behavioral intention to use 3G mobile value-added services. Computers in Human Behavior, 25(1), 103–110. https://doi.org/10.1016/j.chb.2008.07.007

Martin-Beltrán, M., Tigert, J. M., Peercy, M. M., & Silverman, R. D. (2017). Using digital texts vs. paper texts to read together: Insights into engagement and mediation of literacy practices among linguistically diverse students. International Journal of Educational Research, 82, 135–146. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.01.009

Maf’ula, A., Hastuti, U. S., & Rohman, F. (2017). Pengembangan media flipbook pada materi daya antibakteri tanaman berkhasiat obat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1450-1455.

Moreno, R., & Mayer, R. (2007). Interactive Multimodal Learning Environments. Special issue on Interactive Learning Environemnts: Contemporary Issues and Trends. Educational Psychology Review, 19(3), 309–326. https://doi.org/10.1007/s10648-007-9047-2

Mulyadi, D. U., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal pembelajaran fisika, 4(4), 296-301.

Neng Nenden Mulyaningsih and others, "Penerapan Media Pembelajaran Digital Book", Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. V.No.1 (2013), h. 26.

Noni, N. (2016). Primary School Teachers’ Perceptions Of And Practices In The Selection And Development Of English Learning Materials. LITERA. 15. 227. 10.21831/ltr.v15i2.11825.

Poon, J. K. L. (2014). Empirical Analysis of Factors Affecting the E-Book Adoption—Research Agenda. Open Journal of Social Sciences, 02(05), 51–55. https://doi.org/10.4236/jss.2014.25011

Roemintoyo, Budiarto, M.K. (2021).Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. Journal of Education Technology. Vol. 5(1) PP. 8-13

Salman, A., & Abd.aziz, A. (2015). Evaluating user Readiness towards Digital Society: A Rasch Measurement Model Analysis. Procedia Computer Science, 65(Iccmit), 1154–1159. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.09.028

Shariman, T P N T & Razak, N A (2014). The Multimodal Literacy Practices of Malaysian Youths in a Digital Environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, V.141, p 1171-1176. Education. 43. 293- 313. 10.1080/19415257.2016.1156013.

Saragih, M., & Dewi, R. S. (2018). Efektifitas musyawarah guru mata pelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa inggris di kota binjai. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Walsh, M. (2008). Worlds Have Collided And Modes Have Merged: Classroom Evidence of Changed Literacy Practices. Literacy. 42(2), 101–108.

Walsh, M. (2010). Multimodal literacy: What does it mean for classroom practice? Australian Journal of Language and Literacy. 33(3): 211–239.

Zein, Subhan. (2017). Professional development needs of primary EFL teachers: Perspectives of teachers and teacher educators.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Kusumaningrum, S. R. ., Dewi, R. S. I. ., & Pristiani, R. . (2024). DEVELOPING E-MODULE AS A SUPPLEMENTARY MATERIAL FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5358–5365. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29954

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.