SOSIALISASI PEMANFAATAN APLIKASI SCHOOL HEROES UNTUK KADER KESEHATAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46204Keywords:
Aplikasi, Digital, Sosialiasi, School HeroesAbstract
Penerapan teknologi digital dalam pemberdayaan kader kesehatan berguna untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dan mendorong keaktifan dalam pembelajaran pada topik kesehatan. Oleh karena itu, dilakukan sosialisasi penggunaan aplikasi School Heroes untuk meningkatkan level keberdayaan kader, mendukung pelatihan kesehatan, dan mengembangan keterampilan digital kader kesehatan sekolah. Metode pengabdian masyarakat dilakukan dengan sosialisasi pada 20 peserta kader kesehatan di SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo pada tanggal 3 Oktober 2024. Hasil dari sosialisasi ini adalah peserta kader kesehatan mengetahui cara penggunaan aplikasi School Heroes dengan baik. Evaluasi dari kegiatan tersebut yakni berupa penyampaian saran dan pesan dari seluruh siswa-siswi bahwa aplikasi ini mudah untuk digunakan dan memiliki fitur yang bermanfaat.References
Budi, S. C., Putri, D. G. P., Puspitasari, K., & Sena, A. R. (2024). Implementation of the Digital Health Approach to Support Learning for Health Students Based on Bloom’s Taxonomy: A Systematic Review. Healthcare Informatics Research, 30(4), 387–397. https://doi.org/10.4258/hir.2024.30.4.387
Celeste, R. J., & Osias, N. (2024). Challenges and Implementation of Technology Integration: Basis for Enhanced Instructional Program. American Journal of Arts and Human Science, 3(2), 106–130. https://doi.org/10.54536/ajahs.v3i2.2656
Dagenais, C., Proulx, M., & Sween-Cadieux, E. M. (2022). Using Digital Platforms in Schools for Prevention and Health Promotion: A Scoping Review. Health Behavior and Policy Review, 9(2), 719–737. https://doi.org/10.14485/HBPR.9.2.1
Fitriani, I., Djannah, S. N., & Trisnowati, H. (2024). The Effectiveness of Digital Media in Improving Adolescent Health Literacy about the Dangers of Smoking: Literature Review. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia), 7(8), 2062–2069.
Hidayat, A., Hidayah, N., Nugraha, B., Mahmudah, Nisa, K., Fawwaz, N. A., … Faizin, A. (2024). Pemberdayaan Kader Kesehatan Remaja Melalui Digitalisasi Pemantauan Jentik dan Pendampingan Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 6400–6408. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27556
Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 80–89.
Putriani, J. D., & Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 831–838.
Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70–80.
Taba, M., Allen, T. B., Caldwell, P. H. Y., Skinner, S. R., Kang, M., McCaffery, K., & Scott, K. M. (2022). Adolescents’ self-efficacy and digital health literacy: a cross-sectional mixed methods study. BMC Public Health, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12889-022-13599-7
Vasil, S., Xinxo, S., Alia, A., Muça, K., Tresa, E., & Burazeri, G. (2023). Digital applications as a means for promotion of healthy behaviours among Albanian children. Health Promotion International, 38(4). https://doi.org/10.1093/heapro/daad083
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Khoirotul Umaroh, Yeni Indriyani, Bethari Mukti Kusumaningtyas Kusumaningtyas, Vindiani Oktaviana, Daffana Ifnadia Imron, Azzam Alifian Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










