PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 4 SINGKAM SAMOSIR

Authors

  • Bertaria Sohnata Hutauruk Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nurliani Siregar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rianita Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Prini Desima Evawani Ambarita Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tiara Kristina Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Anggun Tiur Ida Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Donna Ria Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Erna Helena M Tampubolon Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Firman Pangaribuan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Jesika Melina Simamora Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mars
  • Aprido B Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48441

Keywords:

Penguatan, Kompetensi, Literasi, Numerasi

Abstract

Tujuan  dari  kegiatan  Pengabdian  ini  adalah  untuk  Memberikan penguatan kompetensi literasi dan numerasi dengan keterampilan untuk mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari di SD Negeri 4 SINGKAM  kabupaten   Samosir   Sumatera   Utara seperti membaca buku, menulis cerita, membuat catatan, menyimak audio dan meringkas, mendeskripsikan gambar, dan berdiskusi tentang suatu topik. Peserta dari kegaitan pengabdian ini adalah SDN Negeri 4 Singkam kabupaten Samosir.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh dosen-dosen pembimbing dan mahasiswa Kampus mengajar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang mencakup tahap persiapam, pelaksanaan pelatihan/workshop kepada guru-guru SD, pendampingan dan penyusunan laporan. Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, diharapkan kompetensi literasi dan numerasi siswa di SD dapat meningkat secara signifikan, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di masa depan.

References

Arista, E.N., Istiningsih, S., & Safruddin (2022) Analisis Persiapan Guru dalam pembelajaran berbasis literasi dan Numerasi di sekolah Inklusi SDN 1 Sangkawana . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(4b)2455)

Astuti, R.A ., Susesno, B.A., Utami, P.P., &Kegiyes, A. (2023) Literasi dan numerasi anak usia dini dalam pembelajaran ragam hias Papua menggunakan Limbah anorganik dan teknik Khombow. DESKOVI: Art and Design Journal, 6 (1), 75-86.

Budiharto, B., Triyono, T.,& Suparman, S. (2018). Literasi sekolah sebagai upaya penciptaan masyarakat pembelajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu sejarah, sosial, budaya dan kependidikan, 5 (2), 153-166.

Hutauruk, et.al workshop pengembanganmediapembelajaran bahasa inggris berbasisinformasi dan teknologi di sma negeri 1 sidamanik, Vol.4,No.2Juni 2023,Hal.3967-3970P-ISSN 2721-4990| E-ISSN 2721-50083867

Hutauruk, et.al meningkatkan kemampuan siswa dengan metode ceramah dan tanya jawab di sd negeri 094099 sirube-rube, Vol 5, No 5 (2022)

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Hutauruk, B. S., Siregar , N., Simamora, R., Sihombing, L. N., Ambarita, P. D. E., Pasaribu, T. K., … Simamora, A. B. (2025). PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 4 SINGKAM SAMOSIR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4796–4801. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48441

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.