PENGEMBANGAN PROGRAM MENTORING UNTUK SISWA BERPRESTASI DAN BERPOTENSI: UPAYA PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27724Keywords:
Pelatihan, Mentoring, Siswa Berprestasi Dan Berpotensi, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan program mentoring bagi siswa berprestasi dan berpotensi di beberapa wilayah di Indonesia. Melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, program ini dirancang untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan inspirasi kepada siswa dalam meningkatkan motivasi belajar serta mengembangkan potensi mereka. Dengan melibatkan kolaborasi lintas perguruan tinggi, PKM ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan dengan berbagi pengalaman dan sumber daya. Evaluasi yang berkelanjutan akan dilakukan untuk memastikan efektivitas program dan mengatasi tantangan yang mungkin timbul.References
hmadi, A. (2022). Kreativitas Siswa Melalui Talent Class Di SMPIT Ruhul Jadid Tangerang, Banten (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Andriani, D. E. (2010). Mengembangkan profesionalitas guru abad 21 melalui program pembimbingan yang efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 111985.
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.
Dzulkurnain, M. I., Cahyono, D., Marzani, M., Nasar, I., Kusayang, T., & Sari, M. N. (2024). PELATIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INOVATIF: KONTRIBUSI PERGURUAN TINGGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3823-3830.
Efferi, A. (2015). Model pendidikan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Quality, 3(2), 237-256.
Fuadi, T. M. (2021). Hubungan perguruan tinggi swasta dengan pemerintah dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 4, No. 1, pp. 267-286).
Kamaruddin, I., Sari, M. N., Abdurrahman, A., Istiqomah, I., Herman, H., & Andriani, N. (2024). Evaluasi Kinerja Guru: Model dan Metode dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(2), 11349-11358.
Lestari, N. O., Tampubolon, S. M., & Patras, Y. E. (2015). Analisis Terhadap Pola Asuh dan Gaya Belajar Siswa Berprestasi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 291-295
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(2), 491-517.
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.
Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.
Sitopu, J. W., Pitra, D. H., Muhammadiah, M. U., Nurmiati, A. S., Purba, I. R., & Sari, M. N. (2023). Peningkatan Kualitas Guru: Pelatihan Dan Pengembangan Profesional Dalam Pendidikan.
Suherman, A., Yusuf, Y., Ismanto, B., & Umam, D. C. (2022). Upaya Membangun Dan Memelihara Semangat Belajar di Masa Pandemi Pada Yayasan Pondok Pesantren Izzatul Islam. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 56-61.
Tanggulungan, L., & Sihotang, H. (2023). Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31399-31407.
Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, 15(1), 13-31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosa Zulfikhar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.