PERANCANGAN ANTAR-MUKA PENGGUNA DAN APLIKASI PEMBELAJARAN ON-LINE

Authors

  • R. I. Fadilah Institut Digital Ekonomi LPKIA Bandung
  • S.N.M.P. Simamora Institut Digital Ekonomi LPKIA Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27562

Keywords:

Antar-Muka, Design-Thinking, Mean-Opinion-Score, Aspek Warna, Aspek Penyajian, Aspek Isi-Materi

Abstract

Peran antar-muka pengguna dan aplikasi sangat bermanfaat untuk membangun interaksi antara end-user dan sistem aplikasi yang berjalann. Interaksi antara end-user terhadap aplikasi di hadapannya direpresentasikan dalam bentuk sejumlah fitur dan halaman antar-muka; baik dalam bentuk penyampaian informasi satu-arah maupun form input-an yang harus diberikan oleh end-user. Ada tiga aspek utama yang harus diperhatikan dalam membangun desain antar-muka pengguna dan aplikasi, yakni: warna, cara penyajian materi/content, dan isi materi yang dibahas. Pada penelitian ini telah dibangun sebuah desain antar-muka pengguna dan aplikasi pembelajaran on-line dengan menggunakan metode design-thinking; sedangkan hasil desain diuji menggunakan  Mean-Opinion-Score dan Black-Box. Hasil pengujian menunjukkan untuk sejumlah aspek yang diuji, responden memberikan persepsi di tingkat relatif baik. Demikian juga dalam hal fitur-fitur yang dibuat telah berjalan dengan baik sesuai dengan skenario perancangan. Telah diuji juga rangkaian perpindahan antar-halaman pada setiap modul-modul pembelajaran yang dibuat. Dan disimpulkan bahwa aspek warna, cara penyajian materi/content, dan isi materi yang dibahas sangat berperan penting dalam keluwesan end-user menggunakan aplikasi pembelajaran on-line. Demikian juga pada fitur-fitur yang disediakan cukup membantu end-user untuk mengikuti pembelajaran on-line yang disajikan.

References

G. Mori, F. Paterno, C. Santoro. "Design and development of multidevice user interfaces through multiple logical descriptions". IEEE Transactions on Software Engineering. Volume: 30, Issue: 8. 2004.

S.N.M.P. Simamora, C. R. Dwina Sari, Ferdian. “Desain dan Implementasi QR-Code dan SMS-Gateway dalam Mendukung Layanan Perpustakaan dengan berbasis Terminal–Client”, Proc. Of KNSI, 23-24 Februari 2012, STIKOM BALI, Denpasar, Indonesia. hal.58-63.

C-H. Chen, W. Zhai. "The Effects of Information Layout, Display Mode, and Gender Difference on the User Interface Design of Mobile Shopping Applications". IEEE Access. Volume: 11. 2023.

S.R. Subramanya, B.K. Yi. "User interfaces for mobile content". Volume: 39, Issue: 4. Magazine Article. IEEE Publisher. 2006.

J. Miller. "The Internet Experience: Getting Conceptual about Interface Design". IEEE Internet Computing. Volume: 10, Issue: 4. 2006.

C. Merill, D. Feldman. "Rethinking the path to usability: how to design what users really want". Volume: 6, Issue: 3. Magazine Article. IEEE Publisher. 2004.

A. Oulasvirta. "User Interface Design with Combinatorial Optimization". Volume: 50, Issue: 1. Magazine Article. 2017.

W.O. Galitz. (2007). The Essential Guide to User Interface Design An Introduction to GUI Design Principles and Techniques-Third Edition. Wiley Publishing, Inc.

J. Tidwell. (2005). Designing Interfaces 1st Edition. O'Reilly Media Publisher.

M. Hou, H, Zhu, M. Zhou, G. R. Arrabito."Optimizing Operator–Agent Interaction in Intelligent Adaptive Interface Design: A Conceptual Framework". IEEE Transactions on Systems, Man, and Cybernetics. Volume: 41, Issue: 2. IEEE Publisher. 2011.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Fadilah, R. I. ., & Simamora, S. . (2024). PERANCANGAN ANTAR-MUKA PENGGUNA DAN APLIKASI PEMBELAJARAN ON-LINE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3831–3837. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27562