PENINGKATAN MINAT BACA SISWA MELALUI PROGRAM LITERASI DI SDN 42 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26579Keywords:
Literasi, Minat baca, Pohon LiterasiAbstract
Minat baca di indonesia masih rendah terutama untuk anak sekolah dasar sehingga harus mempunyai strategi agar minat siswa dapat meningkat. Strategi yang digunakan harus dapat meningkatkan minat baca siswa baik menggunakan media belajar atau yang lainnya. Pohon literasi merupakan salah satu media belajar yang dapat meningkatkan minat membaca siswa. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan minat baca siswa. Metode yang digunakan yaitu kualitatif,kualitatif adalah proses pengumpulan data secara wajar untuk tujuan memahami dan menganalisis kejadian. Prosedur statistik atau teknik pengukuran kuantitatif lainnya tidak digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian kualitatif. Hasil dari penggunaan media pohon literasi yang dilakukan oleh mahasiswa kampus mengajar di dan di SDN 42 kota Bengkulu berpengaruh pada minat baca siswa sehingga setelah adanya pohon literasi dapat meningkatkan minat baca siswa karena mereka yang awalnya tertarik kemudian mencobanya dan menjadi kebiasaan. Siswa sering membaca diwaktu istirahat siswa sangat berantusias untuk mengisi kertas yang berwarna itu sehingga pohon literasi kami menjadi rindang. penggunaan media pembelajaran yang menarik yaitu salah satunya pohon literasi dapat meningkatkan minat baca siswa dengan sesuatu yang berwana dan unik siswa cendrung penasaran dan membuat siswa mencobanya kemudian siswa melakukannya dengan secara berulang sehingga dapat meningkatkan minat baca siswa.References
Aditama, R. (2020). Pohon Literasi: Inovasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 123-136.
Arifin, A. (2020). Kolaborasi dengan Komunitas dalam Program Pohon Literasi. Jurnal Pendidikan Komunitas, 7(1), 23-36.
Putri, A. R. (2019). Mengenal Program Pohon Literasi di Sekolah: Membangun Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 45-58.
Pratiwi, I. R. (2021). Membangun Kemandirian Siswa melalui Program Pohon Literasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 87-99.
Wijaya, B. (2018). Mengembangkan Kreativitas Siswa melalui Program Pohon Literasi. Jurnal Pendidika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Qonita Fransisca
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.