PENDAMPINGAN PENGUATAN LITERASI ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR BERMAKNA DALAM UPAYA PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47119Keywords:
Literasi, Media Gambar Bermakna, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Pendampingan penguatan literasi anak melalui media gambar bermakna bertujuan untuk meningkatkan profil pelajar pancasila. Pemilihan topik ini didasarkan pada rendahnya budaya literasi anak dimana salah satu penyebabnya adalah belum adanya pembiasaan budaya literasi sejak dini. Kesadaran terhadap budaya literasi berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter anak yang selaras dengan profil pelajar pancasila. Perlu lingkungan belajar yang mengarah pada kegiatan pengoptimalan literasi. Untuk mengatasi hal tersebut, tim pengabdi melakukan pendampingan penguatan literasi anak sebagai langkah strategis dalam membentuk generasi berkarakter profil pelajar pancasila sesuai tuntutan kurikulum merdeka. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Desa Keuramat Mufakat, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah dengan jumlah partisipan sebanyak 30 anak. Metode pelaksanaan kegiatan mengacu pada pendekatan partisipatif. Pelaksanaan kegiatan meliputi 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan profil pelajar pada anak melalui penggunaan media gambar bermakna. Kegiatan ini mendapat respon positif dari anak-anak dilihat dari partisipasi dan antusiasme anak selama pelaksaaan kegiatan. Kesimpulannya, perlu kolaborasi dari semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang mendukung budaya literasi untuk penguatan pendidikan karakter anak.References
Afnida, M., Sari, R. E., & Syafnita, T. (2022). Pendekatan whole language: Upaya peningkatan kemampuan literasi anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 8586-8596. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.1169.
Aryanto, S., Pasaribu, A. M. N., Sumirat, F., Meliyanti, Agustina, P. A., & Erlianda, M. (2023). Penguatan profil pelajar pancasila melalui penyusunan buku ramah cerna berbasis human security. Communnity Development Journal, 4(3), 6614-6625.
Baiti, N., & Hanifah. (2022). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan literasi baca anak. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, volume 6, 155-162.
Baiti, N., Sarimah, & Zulkarnaen, M. (2022). How does the ABC lima dasar game improve parent and children communication? Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 57-64.
Dewi, A. K. (2019). Pengembangan kompetensi multiliterasi desain berbasis pada penerapan tradisi komunikasi di era Indonesia 4.0. Jurnal Desain Indonesia, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.52265/jdi.v1i1.3.
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi guru mengenalkan konsep dasar literasi di PAUD sebagai persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673.
Farhana, G., & Cholimah, N. (2024). Proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya peningkatan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 137-148. DOI: 10.31004/obsesi.v8i1.5370
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 181-188. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571.
Harjanti, E., Purnamasari, I., & Sumarno. (2022). Pembelajaran kartu permainan berbasis profil pelajar pancasila untuk meningkatkan pemahaman konsep tema persatuan dalam perbedaan siswa kelas IV SD. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 117-125. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i2.304.
Hasannah, R. G. U. (2019). Efektifitas metode mendongeng dalam meningkatkan kemampuan literasi dini anak prasekolah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3), 360–368. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4793.
Hidayati, R. N. (2021). Implementasi model assure dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa arab di MI Nurul Hidayah. PARAMUROBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131-148. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1829.
Magdalena, I., Roshita, R., Pratiwi, A., & Damayanti, A. P. (2021). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 334-346. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1374.
Meha, N., &Hengelina, H. (2017). Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Bimba Aiueo Unit Alinda Bekasi Utara. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 21-26. https://doi.org/10.24853/yby.1.1.21-26.
Mubarok, Y., Sudana, D., & Nurhuda, Z. (2023). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 6-7 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6843-6854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5555.
Odah, A., & Yuniarti, Y. (2023). Budaya literasi sekolah untuk mengembangkan keterampilan abad 21. Jurnal Basicedu, 7(6), 4193-4203. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6730.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719.
Oncu, E. C., & Uncluer, E. (2015). Examination of preschool teachers’ approaches to early literacy. Procedia-Sosial and Behavioral Sciences, 191, 1043-1047. https://doi.org//10.1016/j.sbspro.2015.04.656.
Purwasi, N., & Yuliariatiningsih, M. S. (2021). Pengembangan literasi sains anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1-7. https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10531
Rofiah, S. & Widiyati, E. (2021). Pengembangan gross motorskill anak usia 7 tahun melalui alat peraga edukasi indoor. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.718.
Rokmana, R., Fitri, E. N., & Arifin, D. F. (2023). Peran budaya literasi dalam meningkatkan minat peserta didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129-140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurna Basicedu, 6(4), 7076-7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.
Simarmata, R. O., Panjaitan, Y. M., Melisa, S., Nduru, N. M., & Situmeang, T. R. (2024). Peningkatan kemampuan lietarasi anak dan remaja di Desa Merdeka Kecamatan Merdeka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2988.
Sukmawati, A., Ni’ma, S. L., & Marsanti, A. P. N. (2023). Peranan budaya literasi dalam membentuk pendidikan karakter siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2048-2057. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5839.
Suratiyah, S. (2019). Kemampuan membaca kata melalui metode praktik langsung dengan kartu huruf. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 4(1), 35-41. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3026.
Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). Internalisasi nilai pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan profil pelajar pancasila berbantuan platform merdeka mengajar. Junal TEKNODIK, 25(2), 155–168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai uapaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Widat, F.,Amir, A., Hambali, H., Istiqamah, N., & Litfiyati, L. (2022). Pengenalanbudaya membaca pada anak usia dini melalui media permainan kartu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2573-2582. https://doi.org/10.311004/obsesi.v6i4.2028.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erlia Hanum, Lissa Zikriana, Bulan Nuri, Siti Khaulah, Sharfina Sharfina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










