REFLEKSI PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU PADA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Lilis Marina Angraini Universitas Islam Riau
  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau
  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20745

Keywords:

Refleksi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pada Kurikulum Merdeka beberapa permasalahan yang muncul dalam pembelajaran paradigma baru antara lain belum optimalnya implementasi penerapan kurikulum merdeka, kurangnya pemahaman dan penerapan yang baik terkait pendekatan pembelajaran baru dalam kurikulum merdeka. Guru dan lembaga pendidikan menghadapi kesulitan dalam mengubah pola pikir, metodologi, dan strategi pembelajaran yang telah lama diterapkan dalam sistem pendidikan sebelumnya. Sebagai solusi yang bisa diberikan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan, guru-guru perlu diberikan pelatihan dan dukungan yang memadai untuk memahami dan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran baru. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan serta tantangan yang muncul selama penerapan pendekatan pembelajaran baru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, termasuk pemahaman, keterampilan, dan sikap siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih relevan, menarik, dan efektif. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui tatap muka secara langsung dengan guru-guru MGMP Matematika di SMP Negeri 7 Pangkalan Kuras Pelalawan. Dengan kegiatan refleksi pembelajaran paradigma baru pada kurikulum merdeka dapat meningkatkan pemahaman guru-guru mengenai refleksi pembelajaran sehingga penerapan dan pelaksanaan kurikulum merdeka kedepannya dapat berjalan dengan baik serta dapat terjadi pembaruan, perbaikan, dan pengembangan terus-menerus untuk mencapai pembelajaran yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.

References

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Yuhaga, Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Di Sd Negeri 1 Pandran Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(1), 52–58.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Angraini, L. M. ., Yolanda, F. ., & Lingga, L. J. . (2023). REFLEKSI PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU PADA KURIKULUM MERDEKA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9813–9819. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20745

Similar Articles

<< < 88 89 90 91 92 93 94 95 96 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.