PENDAMPINGAN PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK UNTUK PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD DI KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

Authors

  • Darmiyati Darmiyati Universitas Lambung Mangkurat
  • Sunarno Sunarno Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahmuddin Mahmuddin Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Syadzali Universitas Lambung Mangkurat
  • Dede Dewantara Universitas Lambung Mangkurat
  • Nazaruddin Nazaruddin Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34172

Keywords:

Literasi Numerasi, Asesmen Berbasis Proyek, Pelatihan Guru

Abstract

signifikan dalam skor literasi dan numerasi Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan menerapkan asesmen berbasis proyek untuk literasi numerasi. Melalui pelatihan offline selama dua bulan yang melibatkan guru kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menemukan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru. Sebelum pelatihan di berikan pretest meliputi materi Strategi penguatan literasi dan numerasi di sd sebesar 50%, literasi dan numerasi matematika di sd sebesar 45%, jenis dan teknik penilaian berbasis proyek 55% dan implementasi instrumen penilaian proyek sebesar 40%. Setelah pelatihan keterampilan guru dalam membuat instrumen proyek membuat modul ajar meningkat pada Strategi penguatan literasi dan numerasi di sd sebesar 87%, literasi dan numerasi matematika di sd sebesar 86%, jenis dan teknik penilaian berbasis proyek 87% dan implementasi instrumen penilaian proyek sebesar 84%. Dan rata rata nilai sebelum di berikan pelatihan sebesar 47.5 dan sesudah pelatihan sebesar 86. Pendampingan dan Pelatihan dapat meningkatkan proses dan perbaikan pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan mendukung pencapaian standar pendidikan nasional.

References

Li BY, Bae Y, Wu YJ, Chen CW, Wu YJ. Examining student, parent, and school factors predicting science achievement using a multilevel approach: the case of Hong Kong from the Program for International Student Assessment 2015. Asia Pacific Education Review. 2024;13:1-8.

Deta UA, Ayun SK, Laila L, Prahani BK, Suprapto N. PISA science framework 2018 vs 2025 and its impact in physics education: Literature review. Momentum: Physics Education Journal. 2024;8(1):95-107.

Bart D. Research discourse in the programme for international student assessment: A critical perspective. European Educational Research Journal. 2024;23(1):145-162.

Tañiza FN, Kilag OK, Groenewald E, Andrin G, Abella J, Cordova Jr N. Leading the Way: A Strategic Approach to Large-Scale Educational Reform in Literacy and Numeracy. Excellencia: International Multi-disciplinary Journal of Education. 2024;2(1):47-57.

Muniasari N, Lovelly DE, Anisah A, Asman N. Strategies for Developing Numeracy Literacy in Junior High Schools in Indonesia: a Literature Review. LITERACY: International Scientific Journals of Social, Education, Humanities. 2024;3(1):1-9.

Cordova Jr N, Kilag OK, Andrin G, Tañiza FN, Groenewald E, Abella J. Leadership Strategies for Numeracy Development in Educational Settings. Excellencia: International Multi-disciplinary Journal of Education. 2024;2(1):58-68.

Sari CK, Rejeki S, Toyib M, Ningtyas YD, Aimin FN. Supporting students’ mathematical literacy: A description of the pretest-posttest results from the development of the numeracy module. In AIP Conference Proceedings. 2024;2926(1). AIP Publishing.

Maulidina AP, Hartatik S. Profil Kemampuan Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 2019;3(2):61-66.

Gal I. Adult education in mathematics and numeracy: a scoping review of recent research. ZDM–Mathematics Education. 2024;56:1-3.

Laporan Kinerja LPMP. LPMP Kalimantan Selatan; 2022.

Kepala Disdik Klaim Rapor Pendidikan Kemampuan Literasi Banjarmasin Tergolong Baik. Jejak Rekam. Published November 25, 2023. Accessed August 23, 2024. https://jejakrekam.com/2023/11/25/kepala-disdik-klaim-rapor-pendidikan-kemampuan-literasi-banjarmasin-tergolong-baik

Munahefi DN, Lestari FD, Mashuri M, Kharisudin I. Pengembangan kemampuan literasi numerasi melalui pembelajaran tematik terintegrasi berbasis proyek. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 2023;6:663-669.

Faridah NR, Afifah EN, Lailiyah S. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu. 2022;6(1):1-9.

Perdana R, Suswandari M. Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal. 2021;3(1):9-15.

Khakima LN, Marlina L, Zahra SF. Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI. 2021;1:775-792.

Hasil pengabdian terdiri dari hasil secara kuantitatif maupun kualitatif dari kegiatan yang

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Darmiyati, D., Sunarno, S., Mahmuddin, M., Syadzali, A. ., Dewantara, D. ., & Nazaruddin, N. (2024). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK UNTUK PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD DI KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8514–8520. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34172