KONTRIBUSI MAHASISWA KKN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI KELURAHAN PAKUHAJI, KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35285Keywords:
Minat Belajar; Bimbingan Belajar; Belajar Anak-anak; Motivasi Anak.Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Tangerang di Kelurahan Pakuhaji dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa akibat kurangnya dukungan belajar di luar sekolah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar anak-anak melalui bimbingan belajar. Program ini menerapkan metode Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat dalam mengidentifikasi masalah, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara terstruktur dengan pemangku kepentingan, dan diskusi kelompok terarah (FGD). Analisis data deskriptif digunakan untuk menilai dampak program terhadap minat belajar siswa. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam semangat belajar anak-anak, dengan kehadiran yang lebih tinggi di posko KKN dan antusiasme yang meningkat dalam kegiatan belajar-mengajar, baik akademis maupun non-akademis. Partisipasi masyarakat juga memperkuat efektivitas program yang mana memberikan masukan dan saran yang dapat digunakan sebagai salah satu kebutuhan mereka. Kesimpulan dari program ini adalah bahwa keterlibatan aktif mahasiswa dan masyarakat melalui metode kreatif berhasil meningkatkan minat belajar. Disarankan untuk memperpanjang durasi program dan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran pada PkM mendatang.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Guruh Nuary

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.