PELATIHAN PEMBUATAN KOMIK DIGITAL MENGGUNAKAN PIXTON APP DI SMK AL-ITTIHAD OKU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33731Keywords:
Aplikasi Pixton, Komik Digital, Teknologi PendidikanAbstract
Pelatihan pembuatan komik digital menggunakan aplikasi Pixton di SMK Al-Ittihad bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital dan kreativitas siswa dalam menyampaikan ide dan cerita melalui media visual. Di era teknologi yang terus berkembang, pemanfaatan aplikasi digital dalam pendidikan menjadi semakin penting. Pixton, sebuah aplikasi pembuat komik digital, menawarkan fitur-fitur yang mudah digunakan dan interaktif, sehingga cocok untuk diaplikasikan dalam lingkungan pendidikan. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dasar tentang komik digital, pengenalan aplikasi Pixton, serta teknik-teknik dasar dalam mendesain komik. Metode Pelatihan meliputi presentasi materi, diskusi interaktif, dan praktik langsung menggunakan Pixton. Peserta pelatihan terdiri dari siswa kelas X dan XI SMK. Siswa diberikan kesempatan untuk merancang dan membuat komik digital mereka sendiri. Hasil dari pelatihan siswa bisa menggunakan teknologi untuk tujuan kreatif, mengembangkan keterampilan dalam bercerita secara visual, dan memperkaya metode pembelajaran di SMK Al-Ittihad. Dengan keterampilan baru ini siswa mampu menghasilkan e-komik. Melalui pendampingan ini siswa mampu menghadapi tantangan di era digital dan memiliki alat tambahan untuk mengekspresikan ide-ide mereka secara kreatif.References
Dias Tiara Putri Utomo, F. A. (2022). Pelatihan Pembuatan Komik Digital Pixton dan Aloe Hand Sanitizer Bagi Guru Madrasah Ibtidaiah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri),708-718.
Elly Sukmanasa, T. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPSD, 171-185.
Finaty Ahsanah, D. T. (2020). The Use of Digital Comic in Developing Student’s English Competence. Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 373-383.
Aola Cabrer, L. C. (2018). The Impact of Using Pixton For Teaching Grammar and Vocabulary in The Efl Ecuadorian Context. Teaching English with Technology, 53-76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fisnia Pratami, Nindy Devita Sari, Syaiful Anam, Sulistina Akhodiyah, Ahmad Rosulana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.