PELATIHAN ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PADA MGMP PENDIDIKAN PANCASILA

Authors

  • Rabiatul Adawiah Universitas Lambung Mangkurat
  • Heru Puji Winarso Universitas Lambung Mangkurat
  • Dian Agus Ruchliyadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Wardiani Halidi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34171

Keywords:

Analisis; Butir Soal, Anates

Abstract

Analisis butir soal merupakan alat ukur untuk mengetahui kualitas soal yang ingin di uji. Alat ukur yang baik apabila memiliki sifat valid dan reliabilitas. Langkah analisis ini akan diperoleh soal yang berkualitas dan mampu mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang sudah dipelajarinya. Oleh karena itu menganalisis butir soal merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh seorang guru. Namun berdasarkan fakta di lapangan, khususnya guru-guru Pendidikan Pancasila yang tergabung dalam organisasi MGMP Pendidikan Pancasila di Kabupaten Tanah Laut, sebagian besar belum melakukannya. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah kurangnya keterampilan dan pengetahuan tentang analisis butir soal tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan dengan mudah untuk melakukan analisis butir soal adalah Anates.Kegiatan pelatihan ini membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menganalisis butir soal. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi dan tes yang dilakukan. Sebelum pelatihan 20% peserta yang dapat memahami dengan baik tentang analisis butir soal. Namun setelah pelatihan peserta yang bisa memahami tentang analisis butir soal meningkat  menjadi 60%. Begitu pula dengan keterampilan dalam menggunakan aplikasi Anates. Sebelumnya pelatihan  tidak ada seorangpun peserta yang terampil. Setelah pelatihan, terdapat 20% peserta yang sudah bisa mempraktikan penggunakan aplikasi Anates baik soal dalam bentuk pilihan ganda maupun soal subjektif

References

Akhmadi, M. N. (2021). Analisis butir soalevaluasi tema 1 kelas 4 sdn plumbungan menggunakan program anates. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 799-806.

Eprillison, V., & Gumanti, D. (2022). PENERAPAN APLIKASI ANATES DALAM MENGANALISIS BUTIR SOAL PADA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI SMA YAPI PADANG. COMMUNITY SERVICE JOURNAL OF ECONOMICS EDUCATION, 1(2), 26-31.

Harbit, H., Samritin, S., & Natsir, S. R. (2024). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ulangan pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 400-407.

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Kaka, L., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2024). Efektivitas Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Menggunakan Aplikasi Anates Di Smpn 2 Kanatang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1441(1450), 4–9. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/3124/2473

Khasanah, I., Fuady, A., & Sunismi, S. (2023). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 110-125.

Meisya, R., Jannah, R., & Ramadhan, S. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Tematik Madrasah Ibtidaiyah Menggunakan Model Rasch. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1764. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2712

Misda, S., & Mukhlis, M. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL LITERASI MEMBACA PADA INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM SISWA SMK: ANALISIS BUTIR SOAL LITERASI MEMBACA PADA INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM SISWA SMK PEKANBARU. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(2), 467-481.

Muchlizani, N. A.,Mania, S., & Rasyid, M. N. A. 2023. Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Mi Radhiatul Adawiyah Makassar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1), 224–240.

Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8501

Sari, A. I. C., & Herawati, M. (2014). Aplikasi Anates Versi 4 alam Menganalisis Butir Soal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 203–214. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/353

Yusuf, R. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158– 164. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3. 417

Zuliani, R., Azzahra, A., & Nisa, D. K. (2023). Kompetensi Pengetahuan Dan Teknik Penilaian Tindakan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(2), 104–107.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Adawiah, R., Winarso, H. P. ., Ruchliyadi, D. A. ., & Halidi, W. . (2024). PELATIHAN ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PADA MGMP PENDIDIKAN PANCASILA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8508–8513. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34171