LITERASI KEUANGAN MELALUI PEMBUATAN MEDIA EDUKATIF DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20506Keywords:
Literasi Keuangan, Media Edukatif, Sekolah DasarAbstract
Literasi keuangan pada anak sangat penting diterapkan sejak dini supaya mendidik anak agar paham untuk mengelola keuangan secara bijak. Oleh karena itu, sasaran pendampingan ini ialah peserta didik sekolah dasar di jenjang kelas IV. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di SDN 01 Bengkayang dengan beberapa pertemuan. Metode pendampingan ini menggunakan dua cara, yaitu pemberian materi dan praktek. Adapun kegiatan pendampingan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap. Tahap pertama; koordinasi awal dengan kepala sekolah untuk pelaksanaan pendampingan. Tahap kedua; pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan dengan pemberian materi awal, kemudian edukasi dilanjutkan dengan pembuatan media edukatif, dan diakhiri dengan kegiatan sharing dan diskusi mengenai materi dan praktek yang telah dilaksanakan. Praktek yang dilakukan ialah pembuatan tabungan dari karton dan barang bekas. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan lima kali pertemuan sampai peserta didik menyelesaikan praktek pembuatan tabungan secara berkelompok. Tujuan pendampingan ini untuk meningkatkan literasi keuangan pada anak sekolah dasar melalui pembuatan media edukatif di SD 01 Bengkayang. Harapanya para peserta didik kelas IV SDN 01 Bengkayang semakin sadar bahwa literasi keuangan sangat penting melalui menabung secara mandiri dan diawali dengan memiliki tabungan sendiri.References
P.G, S. (2014). Peran Orangtua Dalam Mendidik Keuangan Pada Anak (Kajian Pustaka). Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora, 14(1), 74–86.
Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Anak Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14–28.
Volpe R.P &, C. H. (1998). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Service Review, 7(2), 107–128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Margaretha Lidya Sumarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.