PENGUATAN KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 GORONTALO UTARA PROVINSI GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20390Keywords:
Penanaman Karakter Kebhinekaan Global, Peserta Didik, SMA Negeri 7 Gorontalo UtaraAbstract
Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah; (1) Terbentuknya karakter kebhinekaan global pada peserta didik yakni kemampuan peserta didik untuk mengenal dan menghargai, membangun komunikasi antar budaya, memiliki rasa refleksi dan tanggung jawab; (2) Terbentuknya karakter peserta didik yang unggul, menghargai proses sebagai peserta didik, mencintai sesama dan menghargai dan menghormati guru, cinta tanah air, nasionalism dan patriotik 3) Dapat mengidentifikasi dan memetakan masalah-masalah global sehingga peserta didik dapat menawarkan solusi sesuai dengan karakteristik masalah yang dihadapi. Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pengabdian ini adalah dalam bentuk penyuluhan untuk menanamkan karakter kebhinekaan global pada peserta didik di SMA Negeri 7 Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah : (1) Meningkatnya pemahaman peserta didik SMA Negeri 7 Gorontalo Utara tentang karakter kebhinekaan; (2) Meningkatnya kesadaran peserta didik SMA Negeri 7 Gorontalo Utara tentang pentingnya perilaku terpuji guna keberlangsungan aktivitas hidup di masa yang akan datang demi pembangunan manusia di Kabupaten Gorontalo Utara dan Provinsi Gorontalo. Kesimpulan dari pengabdian ini ialah penguatan karakter kebhinekaan global pada peserta didik di SMA Negeri 7 Gorontalo Utara sangatlah penting terutama membangun perilaku kebangsaan di tengah masyarakat yang plural baik secara nasional maupun global.References
Aunillah, I.N. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.
Fadilah, Dkk. (2021). Pendidikan Karakter. Jawa Timur : Cv Agrapana Media
Rizkyani, Meiliana, And Ika Wulandari. (2022) "Arfedo Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Mensukseskan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Sd." Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series. Vol. 5. No. 2.
Samani, M Dan Hariyanto. (2012). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuli Adhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










