STRATEGI PENGEMBANGAN BILINGUAL PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN SYIFAUL QULUB
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.20159Keywords:
Bilingual, Metode Pembelajaran, Santri Tahfidz.Abstract
Artikel penelitian ini merupakan hasil dari pengalaman dan pengajaran mahasiswa Pelaksanaan dan Praktik Pengalaman terhadap santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. Kemampuan santri tahfidz dalam menguasai bahasa asing merupakan salah satu kemampuan penting untuk memudahkan komunikasi, meningkatkan interaksi sosial, menambah kemampuan kognitif dan wawasan keilmuan. Metode pengajaran yang pernah dipelajari mahasiswa sangat bermanfaat untuk observasi kegiatan, adaptasi lingkungan, merumuskan metode pembelajaran dan menyusun evaluasi pembelajaran. Metode pengajaran ini bertujuan agar santri dapat merasakan pengalaman belajar yang baru, meningkatkan motivasi belajar bahasa asing, serta praktik drama dan pidato. Beberapa strategi yang diterapkan ketika mengajar adalah menyusun metode dan pendekatan belajar, menceritakan kisah inspiratif, menambah fasilitas pembelajaran dan evaluasi pekanan. Metodologi yang ditempuh dalam penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Data yang diperoleh mahasiswa bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa catatan dan foto kegiatan. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi dengan mengumpulkan data, menggabungkan berbagai sumber kemudian menguji validitasnya sesuai teori dan fakta lapangan. Artikel ini menjelaskan Pelaksanaan dan Praktik Pengalaman mahasiswa yang berkaitan dengan metode pendidikan dan pengajaran, khususnya terhadap kemampuan bilingual.References
Alfansyur, M. A. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2).
Bahrin, S. R. (2022). Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Tahfidz Di Pondok Pesantren Ibn Jauzi. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 14(1), 90–104. https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.10038
Diah Rahmawati As’ari. (2015). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab I, 1, 113–120. Diambil dari http://eprints.walisongo.ac.id/355/1/UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf
Fajrin, R. M. … Khotijah, K. (2020). Penerapan Metode Langsung Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 10(2), 342–358. https://doi.org/10.22373/ls.v10i2.8834
Fitri, R., dan Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. Diambil dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Pratama, A. … Nurkholis. (2021). Penerapan Metode “Muhadatsah” Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Tahfidz An-Nahl Tanjung Seneng Bandar lampung. Al Mitsali Jurnal Penelitian Bahasa Arab, 1(2).
Sholihah, H. … Agung, S. (2020). PROSIDING SPIRIT MENGUASAI SAINS DAN BAHASA ERA PANDEMI COVID-19 BAGI Abstrak. KOPEMAS: KOnferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Malang: Universotas Islam Malang.
Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 334.
Widiastuty, H. … Amelia, R. (2023). Penggunaan Media Boneka Tali dalam Pengajaran Bahasa Inggris Di Yayasan Tahfidz. AL-KHIDMA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75–83.
Yuvina … Lestari, M. W. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Santri Rumah Tahfidz Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah MADIYA Masyarakat Mandiri Berkarya, 1(3), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diaz Ataya Larsen Wijaya, Nadia Rahmattika, Romla Romla, Dandi Permana Wibowo, Kholili Kholili, Sahri Sahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.