PELATIHAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DENGAN METODE ASY-SYAFI’I DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUMTAZ PONOROGO

Authors

  • Aqdi Rofiq Asnawi Universitas Darussalam Gontor
  • Mujib Abdurrahman Universitas Darussalam Gontor
  • Muhamad Redho Al Faritzi Universitas Darussalam Gontor
  • Alfian Fatih Rizqi Universitas Darussalam Gontor
  • Muhammad Sabilillah Universitas Darussalam Gontor
  • Al Hadiy Fakhrul Arifin Universitas Darussalam Gontor
  • Muhammad Renaldi Syapriani Universitas Darussalam Gontor
  • Ryfal Nanda Syaputra Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12089

Keywords:

3 Metode, Al-Qur'an, Asy-Syafi’I, Pelatihan.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus untuk memberikan pelatihan sekaligus memperkenalkan metode Asy-Syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur'an di MI Mumtaz Ponorogo. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan santri juga pengajar di MI Mumtaz Ponorogo terkait metode dalam pembelajaran Al-Qur'an. Permasalahan yang dialami mitra adalah terkait pengetahuan terhadap metode Asy-Syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur'an, masih banyak yang belum mengetahui apa dan bagaimana itu metode Asy-Syafi’i. Untuk mengatasi permasalahn mitra tersebut tim pengabdi melaksanakan pengenalan sekaligus pelatihan terhadap para pengajar dan santri untuk meningkatkan pengetahuan mereka terhadap banyaknya metode pembelajaran Al-Qur'an, salah satunya adalah metode Asy-Syafi’i.  Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi perencanan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan para santri dan pengajar di MI Mumtaz Ponorogo dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan terkait macam-macam metode dalam pembelajaran Al-Qur'an seperti metode Asy-Syafi’i. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan mitra terkait metode Asy-Syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur'an. Metode ini menjelaskan dengan ringkas dan praktis sehingga memudahkan bagi seseorang untuk memahami permasalahan dan hukum yang ada pada ilmu tajwid. Metode Asy-Syafi’i merupakan cara yang memudahkan masyarakat dalam mempelajari cara membaca Al-Qur’an.

References

Andani, H., Priyatna, M., & Sarifudin, A. (2022). Implementasi Metode Asy-Syafi’i Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(1), 17–32.

Kristianty Wardany, D. (2021). Implementasi Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Orang Dewasa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, OL: 10/NO:(c), 977–992. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1833

Kurnaedi, A. Y. (2014). Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Mappanyompa. (2021). Dampak Penerapan Metode Asy-Syafi’i Dalam Pembelajaran Tahsin Al Qur’an. Ibtida’iy?: Jurnal Prodi PGMI, 6(1), 1. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5196

Satria, E., Tresnawati, D., & Nurvitrya, A. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 12(1), 74–81. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-1.74

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Asnawi, A. R. ., Abdurrahman, M. ., Al Faritzi, M. R. ., Rizqi, A. F. ., Sabilillah, M. ., Arifin, A. H. F. ., Syapriani, M. R. ., & Syaputra, R. N. . (2023). PELATIHAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE ASY-SYAFI’I DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUMTAZ PONOROGO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 142–148. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12089