USING DIGITAL SNAKE AND LADDER TO IMPROVE STUDENTS ENGLISH VOCABULARY

Authors

  • Tiyas Saputri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Edi Pujo Basuki Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Djuwari Djuwari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Mujad Didien Afandi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Novi Rahmania Aquariza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Agista Putri Setianingsih Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ziyada Wulan Wulidha Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Silvi Nur Hidayati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Faela Nur Oktaviani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20125

Keywords:

Papan Ular dan Tangga Digital, Kosakata Bahasa Inggris, Santri

Abstract

Belum terdapat aktivitas rutin pengajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di Madrasah Tahfidz Darul Qur’an Wal Hadith Bukit Badong, Malaysia. Bahkan, pembelajaran pelajaran lainnya di sana masih menggunakan cara tradisional, tidak ada sentuhan teknologi. Hal ini berakibat pada motivasi santri yang rendah dalam pembelajaran bahasa Inggris dan berpengaruh pada tercapainya tujuan belajar bahasa Inggris terutama dalam hal penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah: 1) untuk meningkatkan penguasaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris, 2) untuk meningkatkan motivasi santri dalam pembelajaran bahasa Inggris, 3) untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Media pembelajaran yang akan digunakan pada pengabdian masyarakat internasional ini adalah media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami yaitu papan ular tangga digital. Kegiatan dimulai dengan kegiatan webinar via Zoom meeting di Madrasah Tahfiz Darul Quran Wal Hadith Bukit Badong Malaysia. Setelah webinar, dilanjutkan dengan pendampingan terkait media aplikasi pembelajaran tersebut. Target mitra sasaran tersebut yaitu santri di madrasah tersebut. Kegiatan ini dilakukan di sebuah Madrasah Tahfiz Darul Quran Wal Hadith Bukit Badong Malaysia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan interview. Data dikumpulkan melalui observasi kelas saat proses belajar mengajar online, pemberian tes dan juga hasil rekaman. Analisis data dilakukan melalui mendeskripsikan data hasil observasi dan interview serta menghitung nilai rata-rata perolehan hasil tes. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa penggunaan papan permainan ular tangga digital dapat meningkatkan penguasaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris santri dan ustadz/ustadzah/guru, motivasi santri dalam belajar bahasa Inggris, dan kosakata Bahasa Inggris santri.

References

Ajeng, S. (2021). Efforts to improve the ability to speak English through the game"snake and ladder" in grade VII-A students at SMPN 3 Ngimbang.

Arfani, S., & Sulistia, A. (2019). TEACHING SPEAKING USING A “SNAKE AND LADDER” BOARD GAME: A TEACHER STORY. Research and Innovation in Language Learning, 2(1), 65. https://doi.org/10.33603/rill.v2i1.1642

Authar, N., Saputri, T., & Djuwari, D. (2022). Students’ Percept?on: Coffee Shop as Joyful Learn?ng Space ?n Improv?ng Engl?sh Speak?ng Sk?ll.

Dauyah, E., & Yulinar, Y. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWANON-PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. JURNAL SERAMBI ILMU, 30(2), 196. https://doi.org/10.32672/si.v30i2.761

Fitriana, D., & Maro, R. K. (2018). TEACHING VOCABULARY THROUGH SNAKE AND LADDER BOARD GAME IN THE TENTH GRADE OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MALANG.

Hariyanti, N., Tjalla, M., Dalle, H. A., & Haris, A. (2013). The Use of Snakes and Ladders Game as English Teaching Media to Improve Mentally Retarded Students’ Vocabulary.

Kasanah, U., Zaini, M., Efendi, N., Wijayanto, A., & Setyowati, E. (2022). Development of Smart Snake and Ladder Media in Mastery of English Vocabulary Grade III at SDI Babussalam Pandean Durenan Trenggalek. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 1(4), 216–226. https://doi.org/10.54012/jcell.v1i4.45

Latifah, N., Saifuddin, A., & Widiarini, W. (2023). Developing The Snake And Ladder Game As Media For Teaching Vocabulary At Ma Al Khoiriyah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5506

Rohayati, T., & Rizkyanti, A. S. (2019). THE USE OF SNAKES AND LADDERS GAMES IN TEACHING VOCABULARY. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(6), 797. https://doi.org/10.22460/project.v2i6.p797-805

Setiawan, I., & Mitra Zuana, M. M. (2018). Teaching Vocabulary Using Modified Snakes and Ladders Game. ALSUNA: JOURNAL OF ARABIC AND ENGLISH LANGUAGE, 1(2), 87–95. https://doi.org/10.31538/alsuna.v1i2.86

Taka, S. D. (2019). TEACHING SPEAKING BY USING SNAKE AND LADDER BOARD GAME. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(2). https://doi.org/10.24256/ideas.v7i2.1021

Widiastuti, R., & Endahati, N. (2020). THE EFFORTS TO IMPROVE WRITING SKILL OF SECONDARY SCHOOL STUDENTS BY USING SNAKE AND LADDER GAME. ELTICS?: Journal of English Language Teaching and English Linguistics, 5(1). https://doi.org/10.31316/eltics.v5i1.531

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Saputri, T., Basuki, E. P. ., Djuwari, D., Afandi, M. D. ., Aquariza, N. R. ., Setianingsih , A. P. ., … Oktaviani, F. N. (2023). USING DIGITAL SNAKE AND LADDER TO IMPROVE STUDENTS ENGLISH VOCABULARY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9095–9103. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20125

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.