PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA DAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK SOUVENIR/KERAJINAN TANGAN KELOMPOK USAHA BERSAMA SOSSORANG DESA KARAMA KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Authors

  • Arifhan Ady Dj Universitas Sulawesi Barat
  • Taufik Hidayat B Tahawa Universitas Sulawesi Barat
  • Akhidiari Harpa Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19389

Keywords:

Pendampingan Manajemen Usaha dan Pemasaran Digital

Abstract

KUB Sossorang merupakan satu dari sekian Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang rutin memproduksi kerajinan pembuatan souvenir miniatur khas mandar beruapa sandeq, miniatur rumah khas mandar dan alat musik tradisional mandar, berada di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Dari survey awal dan pengamatan yang di lakukan oleh tim pengabdi kepada kelompok usaha bersama Sossorang, dalam hal memproduksi kerajinan pembuatan souvenir kelompok ini mengalami sejumlah kendala antara lain manajemen usaha, pengelolaan keuangan yang masih sangat sederhana dan keterampilan dalam hal memasarkan produk masih menerapkan sistem penjualan langsung (personal selling) pada konsumen dan belum mengikuti perkembangan dan pemanfaatan teknologi dalam beriklan dan mamasarkan produk secara digital/online. Oleh karena Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mitra melaui kegiatan bimbingan dan pelatihan  terkait manajemen usaha yang meliputi perencanaan usaha, pengorganisasian, serta pemahaman kelompok tentang strategi pemasaran meenggunakan media teknologi WhatsApp Business, akun google business dan akun Facebook kepada kelompok pengrajin dan kegiatan pendampingan serta konsultasi setelah kegiatan berakhir  

References

Anoraga, Pandji. (2015). Manajemen Bisnis, Edisi Kedua, Jakarta: Rineka Cipta

BPS Kabupaten Polewali Mandar. (2016) Polewali Mandar Dalam Angka Tahun 2016. Polewali Mandar,

Olawale, F., dan Garwe. 2010. Obstacles to the growth of new SMEs in South Africa: A principal component analysis approach. African Journal of Business Management, 4(5), 729-732.

Kurniawan, & Luthfi. (2015). Proses City Branding Yogyakarta (Studi Kualitatif Pada Merek “Jogja Istimewa”). Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 3(3).

Hutagalung, Simon Sumanjoyo (2022) Partisipasi Dan Pemberdayaan Di Sektor Publik. Literasi Nusantara Abadi, Malang

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Dj, A. A., Tahawa, T. H. B. ., & Harpa, A. . (2023). PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA DAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK SOUVENIR/KERAJINAN TANGAN KELOMPOK USAHA BERSAMA SOSSORANG DESA KARAMA KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7953–7957. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19389

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.