OPTIMIZATION OF VISUAL-SPATIAL ABILITIES FOR PRIMARY SCHOOL TEACHERS THROUGH INDONESIAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION WORKSHOP
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18806Keywords:
Visual-spasial, Workshop PMRI, Program Kemitraan MasyarakatAbstract
Kemampuan visual-spasial sangatlah dibutuhkan dalam memahami berbagai bentuk-bentuk geometri dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru perlu memahami dan memiliki kompetensi yang baik terkait kemampuan visual spasial. Artikel ini difokuskan pada hasil pelaksanaan workshop PMRI pada materi bangun datar bagi guru-guru KKG Gugus 1 Kec. Bilalang Kota Kotamobagu. Metode pengabdian yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan, namun pada atikel ini difokoskan pada tahapan mengembangan dengan metode desian riset yaitu tahap preliminary design, tahap eaching experiment, dan tahap retrospective analysis. Dari hasil workshop tersebut terlihat bahwa guru-guru peserta workshop telah mampu memahami konsep dasar bangun datar menggunakan kemampuan visual-spasial. Selain itu, peserta juga mampu menunjukkan ketertarikan dalam penggunakan pendekatan PMRI pada pembelajan. Di akhir workshop peserta juga telah menghasilkan bahan ajar bangun datar untuk di implementasikan pada pembelajaran matematika di kelas.References
Agustina, T., Sukmana, N., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model Diskursus Multi Representasi (Dmr) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Bangun Datar Di Kelas Iv Sd. Educare, 151-158.
Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X Tkj Smkn 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34-39.
Arista, Y., Lusiana, L., & Marhamah, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pmri Pada Materi Segiempat Untuk Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Dosen Universitas Pgri Palembang.
Astutik, H. S. (2017). Keefektifan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Penguasaan Sk, Motivasi, Dan Minat Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 56-66.
Dwirahayu, G., Sandri, M., & Kusniawati, D. (2020). Inquiry Based Rme Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 45-58.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35.
Hasanah, H. (2021). Desain Didaktis Dengan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Konsep Luas Permukaan Kubus Dan Balok. Indonesian Journal Of Learning Education And Counseling, 4(1), 57-66.
Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2019, October). Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ii (Snpmat Ii): Pembelajaran Matematika Dalam Era Revolusi Industri 4.0 (P. 82). Universitas Halu Oleo Press.
Ilma, R. (2009). Efek Potensial Pelatihan Pmri Terhadap Guru-Guru Matematika Di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Istikhomah, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Kelas Ii Mi Sunan Ampel Porong Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Kamarullah, K. (2019). Analisis Kesalahan Guru Matematika Madrasah Ibtidaiyah Aceh Besar Terhadap Geometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 40-55.
Khoiri, M. (2014, November). Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. In Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember (Vol. 19).
Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 45-53.
Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172-182.
Putri, D. P. (2020). Analisis Proses Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar Materi Geometri Berdasarkan Dalil Kekontrasan Dan Variasi (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Rahimah, N. (2017). Keterampilan Dasar Geometri Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Berdasarkan Kemampuan Matematika Di Mi Al Istiqomah Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55-63.
Royani, M., & Saufi, M. (2016). Problem Based Learning: Solusi Pembelajaran Matematika Yang Pasif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-131.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.
Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185-200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Navel Oktaviandy Mangelep
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.