BISNIS ONLINE DAN DIGITAL MARKETING WRAPPING BOUQUET X BEAUTY DEMO BASIC TO PRO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16789Keywords:
Bisnis Online, Pemasaran Digital, Pengabdian MasyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menjelaskan dalam mengembangkan bisnis online dan pemasaran digital dengan fokus pada produk "Wrapping Bouquet X Beauty Demo Basic to Pro." PKM ini bertujuan untuk mengidentifikasi alasan pemilihan topik ini dan menggambarkan pentingnya pengabdian kepada masyarakat dalam memahami metode bisnis online dan pemasaran digital di industri bunga dan kecantikan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah survei dan analisis data dari pemilik bisnis, pemasar, dan pelanggan. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan observasi langsung untuk mendapatkan informasi yang komprehensif tentang pengalaman dan kebutuhan mereka terkait bisnis online dan strategi pemasaran digital. Hasil PKM menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital menjadi kunci dalam mengembangkan bisnis online “Wrapping Bouquet X Beauty Demo” dari tingkat dasar hingga profesional. Dengan memanfaatkan media sosial, platform e-commerce, dan konten strategis, para pemilik bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka secara signifikan. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah pentingnya pemahaman tentang teknik dan metode pemasaran digital bagi pemilik bisnis dan pemasar dalam mengembangkan bisnis online. Melalui penerapan strategi yang tepat, bisnis dapat berhasil mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan keuntungan. Penelitian ini juga menjelaskan pentingnya kondisi terhadap perubahan tren digital dan kebutuhan pelanggan guna tetap relevan dalam industri yang kompetitif.References
De Pelsmacker, P., Geuens, M., & Van den Bergh, J. (2023). Marketing CoMMuniCations Fifth Edition Marketing CoMMuniCations Fifth Edition A EuroPEAn PErsPEctivE Marketing CoMMuniCations. www.pearson-books.com
FRAZIER, S. G. (2023). MARKETING: YOUR GIFT BASKET SOCIAL MEDIA STRATEGY. Sweet Survival LLC. https://giftbasketbusiness.com/your-gift-basket-social-media-strategy/
Hayati, M., Nugroho, T. R. D. A. ., & Firdaus, M. W. (2023). Peningkatan Kapasitas Menajemen dan Kewirausahaan Pengelola BUMDES Jaya Lestari Desa Pandebeh Kecamatan Kamal. Sewagati. Segawati, 7(4), 626–633. https://doi.org/https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i4.582
Juarsa, O., Resnani, R., & Yuliantini, N. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Inovatif Abad 21 Pada Guru di SDN 78 Bengkulu Tengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.1-6
Kustriyono, E., Panuntun, I. A., & Hayati, R. (2022). Pendampingan Implementasi Jigsaw Online Strategy Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. PENA ABDIMAS?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 69. https://doi.org/10.31941/abdms.v3i2.2147
Rivera, R. G., Arrese, A., Sádaba, C., & Casado, L. (2020). Incorporating Diversity in Marketing Education: A Framework for Including All People in the Teaching and Learning Process. Journal of Marketing Education, 42(1), 37–47. https://doi.org/10.1177/0273475319878823
Sun, Y. (2022). Research on the Application of Digital Marketing in Business Operation. Highlights in Business, Economics and Management, 1, 18–23. https://doi.org/10.54097/hbem.v1i.2312
Syifana, Mega, D. S. A. (2018). PENGUATAN TATA KELOLA SEKOLAH DENGAN MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI. In LAPORAN AKHIR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Theben, A. D. D. (2021). Playing with food: the impact of marketing via online games on children’s behaviour. https://widgets.ebscohost.com/prod/customerspecific/ns000545/customproxy.php?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=edstdx&AN=edstdx.10803.671651&%0Alang=pt-pt&site=eds-live&scope=site
Umkm, P., Cikolelet, D., & Banten, K. S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Digital dan Pengelolaan Keuangan Bagi. 2(67), 151–158.
Yogesh, S., & Nallasivam, S. (2019). Digital Marketing and Its Analysis. International Journal of Emerging Technology and Innovative Engineering, 5(7), 469–474.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fajrillah Fajrillah, Lusiah Lusiah, Lenny Menara Saragih, May Handri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.