PEMBERDAYAAN USAHA UBI UNGU DI TOKO KUE DAN PUSAT PEGOLAHAN UBI JALAR UNGU NADYA SAIYO NAGARI KOTO LAWEH KECAMATAN LEMBANG JAYA KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Delsi Afrini Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Harissatria Harissatria Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Dara Surtina Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Yusmi Nelvi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16723

Keywords:

Pemberdayaan, Ubi ungu, Pengolahan, Pemasaran

Abstract

Ketahanan pangan merupakan isu yang penting dalam peningkatan komoditas pertanian. Ubi jalar ungu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang memiliki antioksidan tinggi.Warna ungu yang ada pada ubi jalar disebabkan oleh zat warna alami yang disebut antosianin. Antosianin merupakan kelompok pigmen yang menyebabkan warna kemerah-merahan dan letaknya di dalam cairan sel yang bersifat larut dalam air. Dengan keunggulan dari kandungan yang terdapat di dalam ubi jalar ungu tersebut, maka sudah mulai berkembang produk olahan dari ubi jalar ungu di masyarakat pedesaan. Salah satu pelaku usaha rumah tangga yang telah melakukan usaha ini adalah Barnel Kasyenti Kasim, SP yang melakukan usahanya di Nagari Koto Laweh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Pelaku usaha ini telah lama melakukan usahanya dan memiliki anggota usaha sebanyak 3 orang. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan pelaku usaha ubi jalar ungu dan termotivasi dalam pengembangan usaha serta  meningkatnya hasil produksi sehingga terciptanya pemasaran yang baik dan menarik konsumen lebih luas. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah melakukan penyuluhan, motivasi dan diskusi   tentang    produksi    atau    pengolahan,    strategi    pemasaran dan motivasi berwirausaha. Penguatan  materi  ditekankan pada manajemen  produksi,  manajemen  pemasaran,  pengantar bisnis   dan    kewirausahaan. Dari hasil kegiatan pengabdian yang dilakukan maka terjadinya peningkatan pengetahuan pelaku usaha ubi jalar ungu  Nadya Saiyo tentang proses manajemen produksi, pengolahan ubi jalar ungu serta terjadinya peningkatan manajemen pemasaran produk olahan ubi jalar ungu.

References

Anwas, dr. Oos,M. 2013. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global, CV. Alfa, Bandung.

Harissatria., J. Hendri., R.M. Sari., D. Surtina., F. Elinda., D. Afrini., A. Asri., Y. Nelfi. 2023. Inseminasi Buatan Tepat Waktu Dengan Teknik Sinkronosisi Estrus Pada Kelompok Tani Kiat Karsa Di Nagari Koto Baru Kabupaten Solok. Communnity Development Journal. Vol.4, No. 1 Februari 2023, Hal. 174-180.

Husna, El Nida., dkk. 2013. Kandungan Antosianin dan Aktivitas Antioksidan Ubi Jalar Ungu Segar dan Produk Olahannnya. AGRITECH, Vol. 33 No.3, Agustus 2013.

Jusuf, M., Rahayuningsih, St. A. dan Ginting, E. (2008). Ubi jalar ungu. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian 30: 13-14.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Suda, I., Oki, T., Masuda, M., Kobayashi, M., Nishiba, Y. dan Furuta, S. (2003). Review: Physiological functionality of purple-fleshed seet potatoes containing anthocyanins and their utilization in foods. Japan Agricultural Research Quarterly 37: 167-173.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012. Pangan. 17 November 2012. Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2012 nomor 227. Jakarta; 2012.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Afrini, D. ., Harissatria, H., Surtina, D. ., & Nelvi, Y. . (2023). PEMBERDAYAAN USAHA UBI UNGU DI TOKO KUE DAN PUSAT PEGOLAHAN UBI JALAR UNGU NADYA SAIYO NAGARI KOTO LAWEH KECAMATAN LEMBANG JAYA KABUPATEN SOLOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8334–8338. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16723

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.