PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENDUKUNG EKONOMI KELUARGA MELALUI KREATIVITAS PRODUKSI CEMILAN UMKM DESA TANJUNG KUBAH

Authors

  • Widya Ramadhani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Yayuk Yuliana Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Syilvi Rinda Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nur Aisyah Putri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Dwi Andini Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Roza Fahrezi Harahap Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Putri Sadilla Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.51527

Keywords:

Pemberdayaan masyarakat, UMKM, KKN, kreativitas, pemasaran digital, Desa Tanjung Kubah

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tanjung Kubah difokuskan pada pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis kreativitas produksi camilan. Program ini dilaksanakan selama satu bulan dengan melibatkan 25 peserta, terdiri dari ibu rumah tangga, pelaku UMKM, dan pemuda desa. Metode kegiatan mencakup pelatihan terpadu yang berfokus pada tiga aspek utama, yaitu inovasi resep dan produksi, desain kemasan dan branding, serta strategi pemasaran digital. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan masyarakat, di antaranya pemahaman produksi higienis meningkat dari 40% menjadi 85%, kemampuan desain kemasan naik dari 25% menjadi 80%, serta pemahaman pemasaran digital meningkat dari 15% menjadi 75%. Selain itu, terdapat peningkatan omzet rata-rata sebesar 35% pada UMKM yang telah berjalan, dengan pendapatan bulanan naik dari Rp1.000.000 menjadi Rp1.350.000. Dampak nyata juga terlihat pada kualitas produk yang kini memiliki variasi rasa lebih beragam dan kemasan bermerek. Secara teoretis, hasil ini mendukung pandangan bahwa pemberdayaan masyarakat menekankan pada pembangunan kapasitas dan kemandirian melalui optimalisasi potensi lokal. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis dan ekonomi keluarga, tetapi juga membuka peluang keberlanjutan usaha berbasis UMKM yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

References

Dalman, D., Fakhrurozi, M., Warsiyah, W., & Saputeri, N. P. (2024). Pemanfaatan Potensi Lokal Melalui Inovasi Pangan Cendol Lele Durian Sebagai Usaha Produktif. PENA DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.33474/penadimas.v3i1.25777

Dzulhijjah, L., Sumpena, D., & Azis, A. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.15575/tamkin.v5i1.24162

Kamarudin, A. P., Suknah, S., Basyirah, B., Ramiati, R., Fatma, M., Amna, A., Aswad, H., Zainuddin, Z., Delvia, D., & Mah, H. (2025). Pemberdayaan Masyarakat melalui Ekonomi Kreatif dengan Produk Permen Jelly Labu Siam di Desa Mendale Aceh Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 3574–3582. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.712

Katili, M. R., Lahay, S. N., & Amali, L. N. (n.d.). Jurnal Sibermas ( Sinergi Pemberdayaan Masyarakat ) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Potensi Lokal Desa Untuk Mendukung Pencapaian Sustainable Development Goals ( SDGs ) Abstrak PENDAHULUAN Pembangunan desa merupakan bentuk aktivitas manusia ( . 2.

Kiki Endah. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143. https://jurnal.unigal.ac.id/moderat/article/view/3319/2914

Kurniawan, R. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Industri Kreatif Melalui Pengolahan Bahan Pangan Lokal. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44589%0Ahttps://journal.uny.ac.id/index.php/ptb b/article/download/44589/16616

Munajib, A., & Muhtadi, M. (2023). Proses Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Program Umkm Keripik Cireng Rasaku Di Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Jurnal Kommunity Online, 3(1), 11–24. https://doi.org/10.15408/jko.v3i1.30915

Muryanto, Y. T. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Home Industry UMKMSektor Pangan Berbasis Kekayaan Intelektual. Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Menuju Indonesia Emas 2045, 304–310.

Panggabean, N. S., Haimunisa, S., Feni, F., Rahmah, M., Ekonomi, F., Tinggi, S., Administrasi, I., Nusantara, P., Raya, N., Bisnis, A., Ekonomi, F., Tinggi, S., Administrasi, I., Nusantara, P., Raya, N., Pidie, K. B., Aceh, K., & Daya, B. (2025). PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI. 1(1), 11–16.

Pujianto, E., Indarto, I., Mufid, R. B., Bintang, N., Darmadi, H., Risfandy, T., & Saktiawan, B. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Pembentukan Komunitas Bisnis Ibu-Ibu Desa Lumbungkerep. Ijccs, 13(1), 73–81.

Yuniarsih, Y., & Risdayah, E. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(3), 337–356. https://doi.org/10.15575/tamkin.v6i3.24238

Downloads

Published

2025-10-17

How to Cite

Ramadhani, W., Yuliana, Y., Rinda, S., Putri, N. A., Andini, D., Harahap, R. F., & Sadilla, P. (2025). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENDUKUNG EKONOMI KELUARGA MELALUI KREATIVITAS PRODUKSI CEMILAN UMKM DESA TANJUNG KUBAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 5667–5672. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.51527

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.