KREATIVITAS OLAHAN MAKANAN DAN MINUMAN FUNGSIONAL BERBASIS NIRA TEBU UNTUK MENDUKUNG WISATA KULINER DI DESA PAGELARAN KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16408Keywords:
Kreativitas, Minuman Fungsional, Nira Tebu, Wisata Kuliner, PagelaranAbstract
Desa Pagelaran merupakan desa binaan Universitas Negeri Malang yang terletak di Kabupaten Malang Jawa Timur. Salah satu kekuatan desa ini adalah pemandangannya yang indah, terkenal dengan seni karawitannya dan dikenal sebagai kampung gerabah, sehingga tidak salah jika desa ini diproyeksikan untuk menjadi desa pariwisata. Namun sayangnya tujuan ini tidak didukung dengan kulinernya khasnya. Padahal desa ini memiliki 144 Ha kebun tebu yang sebagian besar hasil panen dibeli oleh pabrik Gula Krebet baru dan Gondang Legi. Para petani tebu dan masyarakat hampir tidak pernah memberdayakan dan mengolah tebu untuk olahan yang lebih fungsional. Berdasarkan kesepakatan dengan aparat desa, untuk mengatasi masalah di atas adalah mengembangkan produk nira tebu untuk menjadi minuman kesehatan yang sekaligus dapat mendukung brand image sebagai desa pariwisata Untuk itu tujuan abdimas ini adalah: 1) Mengolah minuman fungsional berbahan dasar nira tebu yaitu : yocah, canapple, Jelly cane, dan Caragout (Ice cream nira tebu) dengan menggunakan teknologi secara konvensional agar senyawa dan kandungan antioksidannya tidak hilang/berkurang dan memiliki nilai jual, 2) memberikan branding produk dengan packaging yang refresentatif, dan marketing digital, 3) membentuk wirausaha produk baru skala rumah tangga. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah: 5 orang aparat desa, 26 peserta yang tergabung di UMKM dan kelompok tani. Kegiatan ini didampingi oleh 3 orang dosen dan 2 orang mahasiswa. Setelah dilakukan pendampingan, ada 3 kelompok UMKM yang memproduksi Yocah, Jelly cane,dan canapple, walaupun dipasarkan di lingkup terbatas.References
Agrawal, M. (2018). Air pollution: A cause of concern for plants. Abstracts with Presidential Address-2018_Biological Sciences, 24, 71–89.
Anasrulloh, M., & Basiron, B. (2017). Pelatihan pembuatan kemasan (packaging) untuk meningkatkan pemasaran produk olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 15–19.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (1998). Introduction to advertising and promotion.
Di Sotto, A., Checconi, P., Celestino, I., Locatelli, M., Carissimi, S., De Angelis, M., Rossi, V., Limongi, D., Toniolo, C., & Martinoli, L. (2018). Antiviral and antioxidant activity of a hydroalcoholic extract from Humulus lupulus L. Oxidative Medicine and Cellular Longevity, 2018.
Hamzah, D., & Nadjib, M. (2016). Pemanfaatan internet sebagai media promosi pemasaran produk lokal oleh kalangan usaha di Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 30–40.
Rahmat, W., Akune, K., & Sabir, M. (2019). Demam Tifoid dengan Komplikasi Sepsis: Pengertian, Epidemiologi, Patogenesis, dan Sebuah Laporan Kasus. Jurnal Medical Profession (Medpro), 1(3), 220–225.
Read, S. A., Obeid, S., Ahlenstiel, C., & Ahlenstiel, G. (2019). The role of zinc in antiviral immunity. Advances in Nutrition, 10(4), 696–710.
Van Montfort, R. L., & Workman, P. (2017). Structure-based drug design: Aiming for a perfect fit. Essays in Biochemistry, 61(5), 431–437.
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Keuangan Dan Bisnis IV UPI.
Yang, Z. F., Bai, L. P., Huang, W. B., Li, X. Z., Zhao, S. S., Zhong, N. S., & Jiang, Z. H. (2014). Comparison of in vitro antiviral activity of tea polyphenols against influenza A and B viruses and structure-activity relationship analysis. Fitoterapia, 93, 47–53. https://doi.org/10.1016/j.fitote.2013.12.011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rina Rifqie Mariana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.