PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA KELOMPOK EDAMAME KEBONSARI JEMBER

Authors

  • Daryanto Daryanto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kahar Haerah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Miftahur Rahman Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15417

Keywords:

Digital Marketing, Pelaku Usaha, Edamame

Abstract

Pelatihan Digital Marketing dianggap penting dan wajib dimiliki oleh Kelompok Edamame. Di Era Teknologi Informasi yang sangat cepat berkembang saat ini. Metode Pembelian dan Penjualan Online sangat mudah dilakukan. Banyak sekali media online yang menawarkan kemudahan dalam model pembelian dan penjualan online yang mereka tawarkan. Setelah diadakannya kegiatan pelatihan ini, diharapkan Kelompok Edamame memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang model pemasaran digital yang saat ini lagi menjamur. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ekspositori dan praktik terbimbing. Metode ekspositori (ceramah) yang dilakasanakan yaitu penyempaian materi Digital Marketing, sedangkan praktek terbimbing yang dilaksanakan dengan mempraktekkan materi yang telah dijelaskan oleh pelaksana pengabdian kepada masyarakat. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan ini berjalan dengan lancar dan sebagian besar peserta dapat mengikuti dengan baik dan paham cara menggunakan teknologi informasi sebagai bahan promosi produknya. Selanjutnya hasil pelatihan ini dapat diterapkan oleh Kelompok Usaha Edamame Desa Kebonsari.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

BPPSDMP Kementrian Pertanian. (2015). Mengenal Kedelai Edamame. http://cybex.pertanian.go.id/artikel/54250/mengenal-kedelai-edamame/

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2019). Apa Itu Industri 4.0 dan Bagaimana Indonesia Menyongsongnya. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media 3/6

Rahman, M., & Istikomah. (2023). Pelatihan Pengarsipan Dokumen Berbasis Cloud Computing di PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Community Development Journal, 4(2), 1522–1528. https://doi.org/doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13196

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala?: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Zakiyyah, A. M., & Rahman, M. (2021). Internet Service Provider (ISP) RT-RW NET. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 7(1), 30–36. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.4246

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Daryanto, D., Haerah, K., & Rahman, M. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA KELOMPOK EDAMAME KEBONSARI JEMBER. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4064–4068. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15417

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.