MEMPERLUAS PEMASARAN USAHA TELUR PUYUH ERA MILENIAL DI BARINGIN KAMPUNG JUA KECAMATAN LUBUK KILANGAN PADANG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

Authors

  • Elva Susanti Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang
  • Silvia Iskandar Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang
  • Desi Permata Sari Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2621

Keywords:

Memperluas Pemasaran, Teknologi

Abstract

Menjalankan usaha dibidang ternak sampai saat ini masih terbuka lebar untuk dicoba, sebab kebutuhan hewani akan semakin tinggi dan meningkat seiring waktu. Salah satu hewan ternak yang banyak dibutuhkan ialah burung puyuh. Permintaan pasar akan burung puyuh dimasyarakat bisa dipenuhi dengan mudah bila menjalankan bisnis peternakan puyuh. Mencermati usaha telur puyuh yang dilakukan oleh salah satu pemilik usaha telur puyuh yang beralamat di Baringin Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Kilangan Padang bahwa, pemasarannya masih belum memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Dengan demikian keuntungan yang diperoleh oleh pemilik usaha telur puyuh tidak mengalami peningkatan yang seharusnya.Berdasarkan permasalahan tersebut, alasan memilih topik dan tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana memperluas pemasaran, bagaimana meningkatkan pendapatan, dan bagaimana mengubah mindset pemilik usaha telur puyuh dalam mengembangkan dan memperluas usahanya dengan menggunakan teknologi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan mengadakan sosialisasi kepada pemilik usaha telur puyuh. Sehingga dengan penerapan terhadap ilmu yang diberikan, dapat membuat semangat pemilik usaha dalam mengembangkan usahanya. Berdasarkan kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan strategi yang bisa digunakan untuk memperluas pemasaran telur puyuh adalah dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. 

Author Biographies

Elva Susanti, Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang

Silvia Iskandar, Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang

Desi Permata Sari, Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Putra Indonesia “ YPTK” Padang

References

Agus. 2002. Puyuh. Jakarta : Agro Media Pustaka

Basu, S,. & Irawan, H. 2012. Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke-2. Yogyakarta: Liberty Offse

Listiyowati, E. dan Roospitasari, K. 1992. Tatalaksana dan Budidaya Puyuh Secara Komersial. Penebar Swadaya, Jakarta.

Petrus W & Freitas, J, M. 2013. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Atlas project Method. Yogyakarta : AKPRIND.

Tjiptono, F, Gregorius, C dan Andriana, D .2010. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI

Downloads

Published

2021-11-14