PELATIHAN MEDIA SOSIAL UNTUK BRANDING MANAJEMEN PEMASARAN PADA ANGGOTA HIMPUNAN PAGUYUBAN PELAKU USAHA BANYUMAS (PPUB)

Authors

  • Endang Setyawati Stikom Yos Sudarso
  • Dhany Faizal Racma Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Putu Samuel P Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.35187

Keywords:

Digitalisasi, PPUB, Sosial media

Abstract

Paguyuban Pelaku Usaha Banyumas merupakan Paguyuban yang mewadahi para pelaku usaha mikro kecil menengah ke bawah diwilayah Banyumas. Paguyuban Pelaku Usaha Banyumas (PPUB) yang beralamat di Jalan Kamandaka No 423 1/2 Bobosan Purwokerto, didirikan pada tanggal 28 September 2020, dengan beranggotakan 389 terdiri dari 23 kecamatan di Banyumas. Dengan dikoordinasi oleh ibu Suciatin sebagai ketua, menyatakan ingin mewujudkan Visi Misinya selama ini yang menjadi harapan seluruh anggota PPUB segera tercapai. Visi dari Himpunan Paguyuban Pelaku Usaha Banyumas yaitu maju bersama dan misinya adalah dapat menjadi mitra pemerintah Banyumas, sehingga dapat membangun growth awareness bagi pelaku usaha, yang bersinergi dengan program pemerintah, Capturing Dunia usaha, dan dapat membangun market virtual dengan pemanfaatan teknologi sehingga menciptakan ekosistem ekonomi kreatif. PPUB saat ini masih mengalami kendala dalam hal pemasaran, karena mereka masih mengandalkan pemasaran konvensional dan belum memanfaatkan digitalisasi media sosial secara maksimal sebagai sarana pemasaran produknya. Selain itu masih rendahnya pengetahuan dimenejemen administrasi. Manajemen Administrasi di PPUB belum berjalan dengan baik karena belum banyak pelaku usaha yang mengetahui akan manfaat penggunaan mikrosoft Excel untuk menejemen administrasi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan digitalisasi dengan menggunakan sarana media sosial sebagai media pemasaran dan memberikan ketrampilan kepada para pelaku PPUB dalam meningkatkan penjualan produknya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan. Pentingnya hasil dari kegiatan pelatihan digitalisasi, disamping meningkatkan pengetahuan, diharapkan pelaku usaha juga mampu memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi dan pemasaran produk sehingga penjualan dapat meningkat serta memberikan motivasi kepada pelaku usaha untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi khususnya bidang digital marketing. Untuk itu pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Purwokerto.

References

Alifah Fidela, Aprinaldi Pratama, & Tita Nursyamsiah. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya Di Desa Jambu, Kabupaten Sumedang.

Asmara, D. A. (2020). Penerapan Teknik Ecoprint Pada Dedaunan Menjadi Produk Bernilai Jual. Jurnal Pengabdian Seni, 1(2), 16–26. Https://Doi.Org/10.24821/Jas.V1i2.4706

Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi Tekonolgi Dan Integrasi Akses Permodalan. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). Https://Doi.Org/10.29313/Ethos.V8i2.5764

Endang Setyawati, Adhi Wibowo, Dhany Faizal Racma, & Rosalina Yani Widiastuti. (2023). Digitalisasi Pemasaran Produk Umkm Pada Kampung Wisata Nopia Di Kabupaten Banyumas | Jurnal Abdimas Stmik Dharmapala. Abdimas. Https://Ojs.Stmikdharmapalariau.Ac.Id/Index.Php/Jasd/Article/View/715

Fadli, S., Murniati, W., & Musofa, A. (2024). Pengabdian Masyarakat Pemula Peningkatan Produktivitas Dan Pemasaran Kelompok Umkm Pengrajin Pandan Berbasis Platform Digital. 5.

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1), 93–103. Https://Doi.Org/10.46807/Aspirasi.V8i1.1257

Wahyudin, W., Herwanto, D., Nugraha, B., Hamdani, H., & Putra, C. G. G. (2021). Pemberdayaan Strategi Umkm Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Pendekatan Analisis Swot. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 236. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V5i1.6225

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Setyawati, E., Racma, D. F. ., & P, P. S. . (2024). PELATIHAN MEDIA SOSIAL UNTUK BRANDING MANAJEMEN PEMASARAN PADA ANGGOTA HIMPUNAN PAGUYUBAN PELAKU USAHA BANYUMAS (PPUB). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11724–11723. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.35187

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.