SOSIALISASI STRATEGI AMAN BERTRANSAKSI DIGITAL BAGI UMKM DIGITAL MARKETER DESA MELUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.18744Keywords:
Keamanan Transaksi Digital; Pengabdian Masyarakat; Keamanan Digital; SosialisasiAbstract
Pemasaran digital sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi perusahaan menengah dan besar serta usaha mikro dan kecil. Kebutuhan pemasaran melalui media digital tidak lepas dari dampak perkembangan teknologi dan konektivitas serta perubahan pola transaksi masyarakat yang kini mengalami digitalisasi. Berbagai jenis platform digital di satu sisi dapat digunakan untuk memudahkan para pelaku dan aktivis ekonomi dalam memilih media yang tepat untuk memasarkan produk dan jasanya. Namun di sisi lain juga dapat menjadi tantangan bagi UMKM itu sendiri, ketika tidak semua pelaku usaha dapat memahami dan segera menggunakan platform Digital Marketing dengan tepat dan maksimal. Sosialisasi tentang keamanan bertransaksi digital ini dilakukan terhadap Paguyuban UMKM Digital Marketer Desa Melung, Kedungbanteng yang memiliki anggota dari beragam kalangan, antara lain ibu rumah tangga aktif ekonomi, pelaku UMKM konvensional, serta pengusaha home industry. Paguyuban UMKM Digital Marketer Desa Melung memiliki beberapa tantangan dalam hal transaksi melalui media digital, salah satunya adalah kepahaman dan kesadaran pentingnya keamanan transaksi digital. Hal ini karena terbatasnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi. Metode sosialisasi yang akan dilaksanakan yaitu dengan cara seminar dan pendampingan, dengan tujuan memberikan edukasi tentang pentingnya keamanan bertransaksi khususnya melalui media digital online. Diharapkan melalui sharing knowledge pada kegiatan ini, Paguyuban UMKM Digital Marketer Desa Melung dapat menyadari pentingnya menerapkan kewaspadaan dan menerapkan keamanan langkah-langkah bertransaksi digital.References
Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Atshaya, S., & Rungta, S. (2016). Digital Marketing VS Internet Marketing?: A Detailed Study. Digital Marketing VS Internet Marketing: A Detailed Study, 3(1), 29–33.
Kim, J., Kang, S., & Lee, K. H. (2019). Evolution of digital marketing communication: Bibliometric analysis and network visualization from key articles. Journal of Business Research, (September), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.043
Mandal, P. (2017). Understanding Digital Marketing Strategy. International Journal of Scientific Research and Management, 5(06), 5428–5431. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v5i6.11
Minculete, G., & Olar, P. (2018). Approaches to the Modern Concept of Digital Marketing. International Conference KNOWLEDGE-BASED ORGANIZATION, 24(2), 63–69. https://doi.org/10.1515/kbo-2018-0067
Wajong, A. M. R., & Putri, C. R. (2010). Keamanan Dalam Electronic Commerce. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 1(2), 867. https://doi.org/10.21512/comtech.v1i2.2623
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adam Prayogo Kuncoro, Adnan Aditya Muntahar, Hani Fatul Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.