KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Authors

  • Sondang Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Icha Alicia Sirait Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kammer Sipayung Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Risa Jesika Silalahi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elvi Siburian Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15097

Keywords:

Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kontribusi Sosial, Desa Kotagede

Abstract

Pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka2 dilaksanakan pada tanggal 15 September- 28 Januari 2022. Didalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka2 ada banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan salah satunya adalah kontribusi sosial. Kontribusi sosial merupakan tindakan yaitu berupa perilaku yang dilakukan oleh kelompok yang kemudian memberikan dampak baik positif maupun negatif terhadap pihak lain. Dalam hal ini, kegiatan kontribusi sosial merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilaksanakan pada akhir pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka2 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kegiatan kontribusi sosial yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat yang ada didesa Kotagede Yogyakarta. Mahasiswa didampingi oleh Ibu Ariati Dina Puspita Dosen Modul Nusantara selaku penanggung jawab kegiatan kontribusi sosial. Berkontribusi dibidang sosial mahasiswa mengenalkan produk baru pada masyarakat khususnya ibu-ibu didesa kotagede. Masyarakat yang terdapat didesa kotagede terlihat sangat antusias ketika kami datang dan melaksanakan program kami didesa Kotagede, sebagai bentuk apresiasi ataupun kenang-kenangan berupa plakat kepada masyarakat kotagede maka dari itu mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka2.

References

Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.471

Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Goris Seran, G., & Sastrawan, B. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 11–18. https://doi.org/10.30997/jgs.v8i1.5045

Arsyad, A. T., & Widuhung, S. D. (2022). Dampak Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Kualitas Mahasiswa. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 88. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1027

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Febriani, A. F., & Ikbal, M. (2023). Pengembangan Skill Mahasiswa Melalui Program. 7(1), 1–10. https://doi.org/10.38043/jids.v7i1.3995

Hidayatullah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah Fonema, 4(1), 79–87. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3357

Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm)?: Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594

Meilia, A.T; Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. Metodik DIdaktik; Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 120–128.

Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.

Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291

Zainudin, M., & Utami, A. D. (2021). Evaluasi pertukaran mahasiswa merdeka berbasis mata kuliah menggunakan provus’s discrepancy model dengan double smart. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 10–21.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Sinaga, S. ., Sirait, I. A. ., Sipayung, K., Silalahi, R. J. ., & Siburian, E. . (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3206–3210. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15097

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.