SOSIALISASI ALAT PERAGA MEDIA KOMBINASI BANGUN RUANG PADA MATERI STRUKTUR PASAR
Keywords:
Media, Struktur, KombinasiAbstract
Pelaksanaan pembelajaran efektif menuntut tenaga pengajar untuk mampu merancang situasi pembelajaran yang mendukung sehingga terlaksana secara kondusif. Tenaga pendidik yang profesional akan mampu menciptakan metode, strategi, media, maupun pendekatan pembelajaran yang sangat mendukung efektivitas keterlaksanaan pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran kombinasi bangun ruang pada materi struktur pasar sangat memberikan perantara bagi siswa untuk dengan mudah memahami, menelaah, serta memudahkan siswa mengingat konsep materi yang meliputi karakteristik dari beberapa bentuk pasar dengan berbagai ciri yang dimiliki masing-masing bentuk pasar. Melalui media ini siswa dapat memberikan penalaran dengan penggunaan beberapa bangun ruang akan lebih mudah mengingat siswa mengenai jumlah pembeli dan penjual di pasar, sistem informasi di pasar, jenis barang yang diperjual belikan di pasar, serta pembentukan harga di pasar. Beberapa bentuk pasar yang membuat peserta didik merasa kebingungan dalam membedakan maupun menghafal dapat dimediasi dengan penggunaan media ini untuk memberikan kemudahan dalam pemahaman materi. Melalui sosialisasi ini peserta didik akan mengikuti tahapan penggunaan media ini sesuai dengan materi struktur pasar dan hasil yang diperoleh dari penggunaan media ini adalah peserta didik menjadi lebih memahami materi, lebih menyenangkan mengikuti proses pembelajaran, serta lebih mudah menghafal dari karakteristik masing-masing pasar yang membentuk struktur pasar tersebut.References
Alias, N. (2013). Pendekatan Pedagogi dan Strategi Pengajaran untuk Pengajaran yang Inovatif. Penelitian Pasca Sarjana Bagi Pendidik Fakultas Ilmu Pendidikan.
Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado, 12(2).
Dwiqi, G, et. a. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).
Febriana, M. (2022). Mengembangkan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif di Sekolah Dasar. Journal Of Practice Learning and Educational Development, 2(4).
Lubis, M. (2019). Peran Guru pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA?: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2).
Musfiqon. (2015). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka.
Setyawan, A, et. a. (n.d.). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Fakultas ILmu Pendidikan.
Syofyan, H. & I. (2018). Pembelajaran Inovatif dan Interaktif dalam Pembelajaran IPA. Qardhul Hasan?: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. 5(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anindita Trinura Novitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.