PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP NUMERASI SISWA SMA NEGERI 4 BINJAI MELALUI BIMBEL
Keywords:
Numerasi, Pemahaman, BimbelAbstract
Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan konsep numerasi pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dimana fokusnya untuk memberikan pendampingan kepada para siswa tentang pentingnya meningkatkan pengetahuan konsep numerasi pada pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dari prodi pendidikan matematika dan prodi pendidikan fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan konsep numerasi dimulai pada tanggal 06 februari 2023 dan berakhir pada tanggal 25 februari 2023. Sebelumnya, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini sudah disosialisasikan kepada siswa SMA Negeri 4 Binjai, disetiap ruangan kelas dan terlihat bahwa penyebab pengetahuan konsep numerasi siswa masih rendah karena kurangnya belajar dan latihan berhitung. Masalah ini kemudian diminimalisir dengan melaksanakan kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat terkait meningkatkan pengetahuan konsep numerasi bagi siswa/siswi SMA. Program ini merupakan suatu hal yang penting dalam upaya peningkatan konsep numerasi disekolah.References
Amellya, A. F., & Aryanto, H. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 1 Sdn Medaeng 2 Sidoarjo. Barik, 2(3), 60–72. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdkv/Article/View/42219
Andriani, L., Diana, S., & Hidayat, T. (2018). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Pada Materi Genetika Berdasarkan Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). Assimilation: Indonesian Journal Of Biology Education, 5(2), 100–105. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Aijbe.V5i2.49709
Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4). Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i4.5915
Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26714/Jkpm.8.2.2021.1-7
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.33387/Dpi.V9i2.2299
Darmadi, D., Primiani, C. N., Sudarmiani, S., Pujiati, P., & Sanusi, S. (2022). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Di Desa. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 605–614. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58466/Literasi.V2i2.364
Fauziah, S. L. (2022). Pendampingan Belajar Pada Bidang Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Di Masa Transisi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2606–2615. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2422
Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., Miranda, L. L., Kristina, K., & Rosa, R. (2021). Penguatan Numerasi Anak Tahap Awal Sekolah Di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2231–2245. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V5i5.5249
Hartatik, S. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education And Human Development Journal (Ehdj), 5(1), 32–42. Http://Repository.Unusa.Ac.Id/Id/Eprint/6612
Hasanah, U., Haryadi, H., Rahmadi, D. S., & Halid, W. (2022). Program Pendampingan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengatasi Learning Loss Pada Aritmatika. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Sinapmas).
Kusuma, V. B., Galatea, C. K., & Fatqurhohman, F. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Sd Dalam Memecahkan Masalah Pecahan. Seminar & Conference Proceedings Of Umt, 144–148. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31000/Cpu.V0i0.6865
Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Bimbel Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 70–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56972/Jikm.V1i2.10
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31851/Indiktika.V4i2.7903
Pakpahan, C., Baene, V. A., Ndruru, A. J. A., Ndruru, F. K., Lase, L. M., Buulolo, K., & Ndruru, R. S. (2023). Bimbingan Belajar Gratis Guna Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Pada Siswa/I Sd Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 5972–5976. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V5i1.12203
Pangaribuan, J. J., & Ginting, F. Y. A. (2022). Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Pada Para Siswa Berbasis Bimbel (Bimbingan Belajar). Jurnal Abdimas Maduma, 1(1), 17–22. Https://Doi.Org/Https://Journal.Eltaorganization.Org/Index.Php/Ecdj/Article/View/64
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education, 5(9), 566–575. Https://Doi.Org/Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education, 5(9), 566-575.
Purba, C. N., Sinaga, N. Y., Saragih, S. S., Saragih, M. C., Sidabutar, A. D., & Parinduri, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Kursus Gratis Di Smp Swasta Gkps 6 Haranggaol. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4), 189–198. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55927/Jpmb.V1i4.839
Sari, T. M., Haidar, I., & Alonemarera, A. S. (2022). Bimbingan Literasi Numerasi Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Kepada Siswa Sd Negeri 1 Lamokato. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 800–810.
Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262–3273. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i4.5915
Silitonga, E. A., Simanjuntak, M. R., & Sipayung, T. N. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Literasi-Numerasi Siswa Sekolah Dasar Sebagai Implementasi Kegiatan Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Madaniya, 3(3), 623–636. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53696/27214834.255
Situmorang, A. S., Dalimunthe, R. M. N., Sihombing, L., Manik, B. R., Sinaga, N. W., & Sihotang, E. D. (2022). Peningkatan Pemberian Bimbingan Belajar Gratis Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Pegagan Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 263–270. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55927/Jpmb.V1i5.844
Soheb, M., & Widiyanti, I. S. R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Numerasi Pada Materi Pecahan Kelas Iii Sekolah Dasar. Prosiding Snasppm, 7(1), 373–380. Http://Prosiding.Unirow.Ac.Id/Index.Php/Snasppm/Article/View/1327
Sudirman, S., Yunita, I., Senjaya, A. J., Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66–74. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32938/Jpm.V2i1.556
Syafira, A. T. A., & Aslamiyah, S. (2022). Peningkatan Pemahaman Membaca Berhitung Melalui Literasi Dan Numerasi Pada Siswa. Kreativasi: Journal Of Community Empowerment, 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Kreativasi.V1i2.24296
Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar Di Sumatera Barat. Journal Of Civic Education, 5(3), 284–292. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Jce.V5i3.725
Xiaomin, L., & Auld, E. (2020). A Historical Perspective On The Oecd’s ‘Humanitarian Turn’: Pisa For Development And The Learning Framework 2030. Comparative Education, 56(4), 503–521. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1080/03050068.2020.1781397
Yesi, Y., Sianturi, T. D. Y., Siburian, S. M., Tobing, R. P., Marbun, D. E., Lestary, A. D., Justinus, C., Purhasanah, E., Kalinsa, K., & Diansyah, E. (2023). Peningkatan Literasi Dan Numerasi Anak Melalui Program Program Kukerta Desa Pematang Obowe. Jurnal Pengabdian Kita, 6(01).
Yusra, A., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. (2017). Model Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-Prinsip Belajar Dalam Islam Untuk Meningkatkan Kemanfaatan Ilmu. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 106–112. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jubk.V6i2.21659
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nova Yunita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.