PENERAPAN PRAKTIK BAIK DALAM UPAYA MENINGKATAKAN MUTU SEKOLAH SMP SWASTA PASAORAN PARBULUAN DAIRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12855Keywords:
Mutu sekolah, peningkatan, praktik baikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana Implementasi Media Pembelajaran terhadap prestasi Belajar siswa di SMP Swasta Pasaoran Parbuluan Dairi. Jumlah sampel sebanyak 85 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah korelasi product moment pearson dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk Variabel X (Praktik Baik) dan Variabel Y (Mutu sekolah). Untuk mengetahui sejauhmana Penerapan Praktik Baik Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Swasta Pasaoran Parbuluan Dairi, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0.8678 dengan uji determinasi sebesar 75,3% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika thitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 1 – 0,05 dengan dk = n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh thitung > ttabel (1,70 > 1,68 ), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan Berpengaruh yang berarti antara Penerapan Praktik Baik Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Swasta Pasaoran Parbuluan Dairi.References
Abidin, Z. (2006). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatan Kualitas Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pemikiran Kependidikan 11, no. 1, 1–12
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Cet-14. Jakarta: Rineka Cipta
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir, 1(2), 216–238
Hatimah, I. (2016). Regulasi Dan Implementasi Pendidikan Informal. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan 13(1), 2016
Herman, H., Silalahi, D. E., and Sinaga, Y. K. (2022). Collaborative Teacher and Students Sebagai Realisasi Pembelajaran Inovatif. Indonesia Berdaya, 4(1), 267-272, DOI: 10.47679/ib.2023408
Muhammadiah, M., Tannuary, A., Romadhianti, R., Fatmawati, E., and Herman, H. (2023). Critical Discourse Analysis in the Education Community to Respond the Hoax Based on Technology and Information. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 95-104. DOI : 10.35445/alishlah.v15i1.2158
Munthe, B., Damanik, S. Y., and Pasaribu, S. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 13 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022), 3042–3048
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., and Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397-1402
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Cet-1. Yogyakarta: CV.Budi Utama
Sardiman, AM. (2011). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar, Cet-20. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Sinaga, J. A. B., Butarbutar, I. P., Pangaribuan, F., and Herman, H. (2023). In House Training: Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 199-206. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12175
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi, R&D Dan Penelitian Tindakan), ed. Apri Nuryanto, Cet-3. Bandung: Alfabeta
Six sites meet for comprehensive anti-gang initiative conference. (2006, November/December). OJJDP News @ a Glance. Diunduh dari:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bangun Munthe, Fernando S. H Rajagukguk, Melga J Capah, Natalina Simanjuntak, Enzelina Napitupulu, Kartini Cahaya Septiana , Sherina Debora Simamora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.