PELATIHAN METODE DUBBING DAN SUBTITLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING BAGI SISWA-SISWA SMK NEGERI 1 PEUSANGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12257Keywords:
dubbing, subtitling, speaking, motivasi, media filmAbstract
Banyak siswa SMK Negeri 1, Desa Geulanggang Baro, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, belum termotivasi untuk terlibat dan merespon kegiatan percakapan Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan kurangnya peranan guru memotivasi siswa dalam kegiatan percakapan bahasa Inggris ini. Kemampuan percakapan bahasa Inggris dianggap sebagai salah satu keahlian yang sulit dilakukan bagi siswa. Salah satu solusi alternative untuk memotivasi siswa belajar dan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris adalah melalui media film menggunakan metode dubbing dan subtitling. Kegiatan pengabdian diawali dengan penyampaian materi pokok kegiatan berhubungan dengan media pengajaran dan metode pembelajaran percakapan Bahasa Inggris. Kemudian, pemateri menggunakan media film the Rise of Gru dalam mengajarkan percakapan Bahasa Inggris sekaligus menjelaskan metode dubbing dan subtitling yang dapat diterapkan dalam percakapan Bahasa Inggris. Dari hasil pengukuran kepuasan yang diberikan mitra terhadap kegiatan ini terlihat bahwa dapat dikatakan seluruh mitra pengabdian masyarakat ini setuju bahwa menurut mereka: 1) Pelatihan Metode Dubbing dan Subtitling untuk Pelajaran Speaking Mampu Meningkatkan Motivasi Belajar Speaking saya, 2) Pelatih Mampu Memberikan Pelatihan untuk Meningkatkan Motivasi Speaking dengan Metode Dubbing dan Subtitling dengan Baik, dan 3) Mereka akan Terus Berlatih Metode Dubbing dan Subtitling untuk Pelajaran Speaking untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Speaking saya.References
Clifford, R. (1987). Language teaching in the federal government: a personalperspective. AAPSS.
Davies, P., & Pearse, E. (2000). Success in English teaching. Oxford University Press.
Dornyei, Z. (2005). The psychology of the language learner: Individual differences in second language acquisition. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Gardner, R. C., & Lambert, W. E. (1959). Motivational variables in second language learning. Canadian Journal of Psychology, 13(266–272).
Nunan, D. (1995). Language teaching methodology. Phoenix Ltd.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Ur, P. (1996). A course in language teaching, practice and theory. Cambridge University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Silvi Listia Dewi, Chalil As’ari, Intan Zuhra, Misnar Misnar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.