PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL PUBLIKASI DAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY PADA REFERENSI KARYA ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12165Keywords:
Artikel Publikasi, Karya Ilmiah, Mendeley, ReferensiAbstract
Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Bagi mahasiswa, kemampuan menulis sangat dibutuhkan, terutama menulis karya ilmiah dalam bentuk artikel publikasi. Dalam menghasilkan karya tulis ilmiah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis, seperti struktur bahasa, kosa kata yang digunakan, serta teknik pengutipan referensi yang dipakai untuk mengurangi tingkat plagiarisme. Di Indonesia, kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel publikasi masih masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa tentang teknik penulisan artikel publikasi yang baik dan benar, serta penggunaan aplikasi mendeley untuk penulisan referensi karya tulis ilmiah agar terhindar dari plagiarisme. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini yaitu meliputi penyampaian materi tentang teknik penulisan artikel publikasi yang dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktik, yaitu praktik mengakses jurnal-jurnal ilmiah dan praktik penggunaan aplikasi mendeley desktop. Berdasarkan pelatihan yang telah dilaksanakan, adanya perubahan yang ditunjukkan para peserta pelatihan. Sebagian besar mahasiswa dapat mengakses jurnal ilmiah dengan mudah. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan aplikasi tersebut dalam melakukan sitasi pada penulisan karya ilmiah di Ms. Word. Keberhasilan ini terjadi karena adanya pelatihan yang diikuti oleh mahasiswa, sehingga mereka mampu memahami dengan mudah materi tentang penulisan artikel publikasi ilmiah dan penggunan aplikasi mendeley pada referensi karya tulis ilmiah.References
Armanila, Hotni Sari Harahap, Abdul Halim, H. S. (2022). Strategi Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah berbasis Publikasi pada Guru SMP Medan Marelan: Studi Hukum, Manajemen, dan Psikologi. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(1), 32–41.
Falah, S. (2019). Pelatihan Mendeley dan Anti-Plagiat Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. The Community Engagement Journal, 2(2).
Hendrarso. (2020). Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi Menuju Era VUCA: Studi Fenomenologi Pada Perguruan Tinggi Swasta. Prosiding Seminari Stiami.
Ismail, & Elihami. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment (MJCE), 1(1).
Salam, R., Akhyar, M., Abdul, M. T., & Risma, N. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office, 3(1).
Sismulyasih, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Startegi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa PGSD UNNES. Jurnal Primary, 4(1).
Subekti, A. S. (2021). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah dan Mengirimkannya ke Jurnal Ilmiah. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 5(2).
Thamrin, M., Sjaifullah, A., & Umi, A. R. (2018). Karya Ilmiah: Cara Mudah Mencapai Kompetensi Menulis Akademik. Polinema Press.
Downloads
Published
Versions
- 2023-02-11 (2)
- 2023-02-11 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Seila Rizkina, Idzni Azhima, Hotni Sari Harahap, Nikmah Royani Harahap, Sri Lestari, Titik Khatijah Yusda, Putri Ayu, Sindi Syahfitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.